PERANCANGAN BOOTH VIRTUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK USAHA KECIL MENENGAH
Studi Kasus UKM Sudana Silver, Jegeg Tri Busana, Indah Asri
Abstract
Usaha Kecil Menengah atau UKM merupakan salah satu sektor yang saat ini sedang berkembang untuk menyokong perekonomian masyarakat. Di Indonesia tidak sedikit masyarakat pelaku UKM menjadikan usahanya sebagai tumpuan dalam mendapatkan penghasilan. Keberadaan UKM tentunya memiliki peran pada sector ekonomi, dimana pada umumnya UKM memproduksi barang atau produk dengan mengangkat kearifan lokal dan potensi di wilayahnya masing-masing. Untuk menjaga eksistensi dari UKM, tentunya pelaku usaha harus terus berinovasi dan melakukan promosi agar usaha atau produknya dapat dikenal oleh masyarakat. Namun beberapa kendala yang dialami oleh pelaku UKM yaitu kurangnya pengetahuan dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai media yang dapat digunakan untuk meningkatkan eksistensi UKM di masyarakat. Maka dari itu pentingnya sebuah kolaborasi dalam pemanfaatan teknologi digital untuk kemajuan UKM. Dosen dan Mahasiswa IDB Bali berkolaborasi untuk mewujudkan desain booth virtual yang berupa Booth 3D, E-Flyer, banner dan juga video, dengan harapan nantinya para pelaku UKM dapat memperkenalkan produk unggulannya kepada masyarakat, serta dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi calon konsumen. Adapun UKM yang akan dibuatkan media booth 3D virtual yaitu UKM Sudana Silver, Jegeg Tri Busana, Indah Asri.
Downloads
References
[2] Fandy, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan, dan Contoh Penerapannya.” https://www.gramedia.com/literasi/design-thinking/#Tahapan_Design_Thinking%20by%20Fandy%20/%20Design (accessed Mar. 09, 2023).
[3] U. Sulaksana, Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Copyright (c) 2023 A.A. Sagung Intan Pradnyanita, Kadek Angga Dwi Astina, Made Arini Hanindharputri, Made Raymond Holland
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.