PERANCANGAN BOOTH VIRTUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK USAHA KECIL MENENGAH

Studi Kasus UKM Sudana Silver, Jegeg Tri Busana, Indah Asri

  • A.A. Sagung Intan Pradnyanita
  • Kadek Angga Dwi Astina Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Made Arini Hanindharputri Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Made Raymond Holland Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: Usaha Kecil Menengah, Media Promosi, Desain Booth Virtual

Abstract

Usaha Kecil Menengah atau UKM merupakan salah satu sektor yang saat ini sedang berkembang untuk menyokong perekonomian masyarakat. Di Indonesia tidak sedikit masyarakat pelaku UKM menjadikan usahanya sebagai tumpuan dalam mendapatkan penghasilan. Keberadaan UKM tentunya memiliki peran pada sector ekonomi, dimana pada umumnya UKM memproduksi barang atau produk dengan mengangkat kearifan lokal dan potensi di wilayahnya masing-masing. Untuk menjaga eksistensi dari UKM, tentunya pelaku usaha harus terus berinovasi dan melakukan promosi agar usaha atau produknya dapat dikenal oleh masyarakat. Namun beberapa kendala yang dialami oleh pelaku UKM yaitu kurangnya pengetahuan dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai media yang dapat digunakan untuk meningkatkan eksistensi UKM di masyarakat. Maka dari itu pentingnya sebuah kolaborasi dalam pemanfaatan teknologi digital untuk kemajuan UKM. Dosen dan Mahasiswa IDB Bali berkolaborasi untuk mewujudkan desain booth virtual yang berupa Booth 3D, E-Flyer, banner dan juga video, dengan harapan nantinya para pelaku UKM dapat memperkenalkan produk unggulannya kepada masyarakat, serta dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi calon konsumen. Adapun UKM yang akan dibuatkan media booth 3D virtual yaitu UKM Sudana Silver, Jegeg Tri Busana, Indah Asri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Natalia, “Mengenal Lebih Jauh Pengertian UKM, Contohnya, dan Tips Mengembangkannya.” https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-ukm/ (accessed Feb. 28, 2023).
[2] Fandy, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan, dan Contoh Penerapannya.” https://www.gramedia.com/literasi/design-thinking/#Tahapan_Design_Thinking%20by%20Fandy%20/%20Design (accessed Mar. 09, 2023).
[3] U. Sulaksana, Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Published
2023-03-16
How to Cite
Intan Pradnyanita, A. S., Dwi Astina, K., Hanindharputri, M., & Holland, M. (2023). PERANCANGAN BOOTH VIRTUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK USAHA KECIL MENENGAH. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 198-205. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/772
Abstract dilihat 225 kali
FULL TEXT diunduh 181 kali