PERANAN PERSONAL BRANDING PADA MEDIA SOSIAL UNTUK WIRAUSAHA PEREMPUAN
Abstract
Era Revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan dunia digital dan internet mengharuskan wirausahawan menghidupkan ekonomi kreatif Indonesia. Namun untuk mencapai hal tersebut, wirausahawan khususnya wirausaha perempuan memerlukan personal branding dalam meningkatkan citra dari brand yang dimilikinya di media sosial. Salah satu media sosial yang disukai oleh perempuan adalah Instagram. Metode kualitatif digunakan dalam penulisan ini dengan menganalisa personal branding yang sudah dilakukan oleh beberapa wirausaha perempuan sebagai studi kasusnya. Dengan adanya personal branding diharapkan wirausaha perempuan dapat meningkatkan citra positifnya ke dalam brand yang dijual dengan menonjolkan karakter atau kepribadian yang berbeda dan menjadi ciri khas brand tersebut.
Downloads
References
Kartawijaya, Hermawan (June 2018). Indonesia Now: Empowering Millenials!, in Marketeers Indonesia #1 Marketing Media & MICE Magazine. Jakarta
Khedher, M. (2014). Personal branding phenomenon. International Journal of Information, business and management, 6(2), 29 – 40.
Magrit, Annisa. 2018. Perempuan Indonesia Paling Banyak Gunakan Internet untuk Media Sosial. https://ekonomi.bisnis.com/read/20181128/105/863944/perempuan-indonesia-paling-banyak-gunakan-internet-untuk-media-sosial (diakses tanggal 7 Desember 2018)
Peter Montoya, T.V, 2008, The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in Crowded Marketplace. New York : McGraw Hill Professional.
Rahayu, Yayu Agustini. 2017. Jumlah Pengusaha Wanita Meningkat Jadi 143 Juta Orang. https://www.merdeka.com/uang/jumlah-pengusaha-wanita-meningkat-jadi-143-juta-orang.html (diakses tanggal 7 Desember 2018)
Wasesa, Silih Agung. 2018. Personal Branding Code. Jakarta : PT. Mizan Publika
Copyright (c) 2019 Made Arini Hanindharputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.