PERANCANGAN KARTU PERMAINAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ABJAD BISINDO BAGI ORANG DENGAR DI DENPASAR
Keywords:
Bahasa Isyarat Indonesia, BISINDO, Kartu Permainan BergambarAbstract
Bahasa isyarat memegang peranan penting dalam komunikasi Orang Tuli. Namun, kurangnya pemahaman Orang Dengar terhadap bahasa ini menjadi hambatan dalam pengajaran dan pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berupa kartu permainan sederhana untuk membantu Orang Dengar memahami abjad Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Metode penelitian meliputi analisis kebutuhan pembelajaran bahasa isyarat, pengembangan media, dan uji coba terhadap Orang Dengar. Hasil menunjukkan media permainan kartu efektif meningkatkan pemahaman Orang Dengar terhadap abjad BISINDO. Penelitian ini berkontribusi dalam mendukung inklusi sosial bagi Orang Tuli di Denpasar melalui alat pembelajaran yang mendorong pemahaman bahasa isyarat oleh Orang Dengar. Di harapkan media ini dapat diimplementasikan dalam pendidikan dan masyarakat untuk memperluas pengetahuan bahasa isyarat dan mendorong interaksi inklusif antara Orang Dengar dan Orang Tuli.
Downloads
References
[2] Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus. (2018). Mengenal Bahasa Isyarat. Diakses pada 21 Agustus 2023 dari https://www.ypedulikasihabk.org/2018/11/09/mengenal-bahasa-isyarat/
[3] Salsabila, Fadia Haris Nur. “Mengenal BISINDO dan SIBI, Ini Beda Bahasa Isyarat Teman Tuli dan Teman Dengar. Internet: https://beritajateng.tv/mengenal-bisindo-dan-sibi-ini-beda-bahasa-isyarat-teman-tuli-dan-teman-dengar/, 24 Mei, 2023
[4] Husen, Zulfikar Ali. “Sejarah dan Perbedaan Bahasa Isyarat BISINDO juga SIBI. Internet : https://koran-jakarta.com/sejarah-dan-perbedaan-bahasa-isyarat-bisindo-juga-sibi?page=all, 3 Desember 2021
[5] Pratama, I. Gede Yudha. "Video Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Media Komunikasi Kaum Difabel." Jurnal Nawala Visual 3.1 (2021): 17-22.
[6] Azis, Abdul, and Ilma Rahim. "Analisis Penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) pada Siswa SLB." Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 9.2 (2023): 1396-1402.
[7] Pratama, I. Gede Yudha. "Fenomena Perubahan Dalam Pelestarian Budaya Mesatua Bali." Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya 6.1 (2021).
[8] Ariyanto, Dedy. "Peran Teknologi Pembelajaran dalam Mendukung Implementasi Pendidikan Inklusi." Prosiding Jurnal International Conference On Special Education In Southeast Asia Region 7th, Hal. 2017.
[9] Galavan, R. (2014). Doing Business Strategy. Ireland: NuBooks.
[10] Nugroho, Setiadi J. (2005). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.