PROMOSI DESTINASI PARIWISATA DAN BUDAYA KOTA DENPASAR MELALUI APLIKASI PERMAINAN

  • Ni Putu Cening Semila Harum Institut Desain dan Bisnis Bali
  • A. A. Sagung Intan Pradnyanita Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Kadek Angga Dwi Astina Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ramanda Dinata Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: promosi, destinasi wisata, aplikasi permainan

Abstract

Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki berbagai destinasi wisata, salah satunya Kota Denpasar yang memiliki destinasi wisata dan wisata bersejarah. Destinasi wisata bersejarah yang ada di Kota Denpasar diantaranya Pasar Badung, Pura Maospahit, Lapangan Puputan badung, dan Kawasan lainnya. Namus sejak adanya pandemic Covid-19, hamper seluruh tempat wisata harus dibatasi jumlah wisatawan yang berkunjung, bahkan ada beberapa tempat yang terpaksa ditutup. Hal ini membuat masyarakat atau wisatawan yang ingin berkunjung atau mempelajari tentang budaya di Kawasan wisata budaya di wilayah Denpasar harus tertunda cukup lama. Pandemi membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas, dan hampir seluruh kegiatan dilaksanakan di rumah, karena adanya pembatasan aktivitas di kantor ataupun di sekolah. Namun dengan adanya pandemi yang berkepanjangan, membuat sebagian masyarakat terbiasa dalam memanfaatkan teknologi selama berkativitas. Melihat fakta tersebut tercetuslah ide untuk merancang sebuah aplikasi permainan yang bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata bersejarah di Kota Denpasar dengan cara yang lebih interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Gumulya, D. (2017). Training Design of Fesyen Accessories Products in Peusar Artisans Community , Binong With Co-Design Approach Di Pengrajin Kampung Peusar , Binong Dengan Pendekatan Co-Design.
[2] Murjana, I Gusti Wayan. 2011. Simpul-Simpul Ekonom Penunjang Pelestarian Pusaka Kota Denpasar pada Kawasan ‘Zona Z’. BAPPEDA Kota Denpasar. Pelawa Sari Denpasar. pp 71-82.
[2] Sarwono, Jonata dan Hary Lubis. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. ANDI : Yogyakarta.
[3] Suarmana, I Wayan Restu, I Wayan Ardika, I Nyoman Darma Putra. “Pengembangan Pusat Kota Denpasar Sebagai Heritage Tourism”. JUMPA-Jurnal Master Pariwisata. Volume 04, Nomor 01, Juli 2017. e-ISSN : 2502-8022. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/34047
Published
2022-03-17
How to Cite
Semila Harum, N. P., Pradnyanita, A. A. S., Dwi Astina, K., & Dinata, R. (2022). PROMOSI DESTINASI PARIWISATA DAN BUDAYA KOTA DENPASAR MELALUI APLIKASI PERMAINAN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 5, 314-320. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/687
Abstract dilihat 539 kali
Full Text diunduh 290 kali