ANALISIS KONTEN VISUAL INSTAGRAM PERGURUAN TINGGI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA UNTUK GENERASI TERTARGET

Authors

  • Made Arini Hanindharputri
  • I Gusti Ngurah Gede Gita Yogi Irhandi ITB STIKOM Bali
  • I Gusti Bagus Bayu Baruna Ariesta Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

konten visual, instagram, perguruan tinggi, generasi

Abstract

Perkembangan teknologi dan penetrasi internet telah mengubah paradigma komunikasi dan pemasaran, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi. Media sosial, terutama Instagram, telah menjadi saluran komunikasi vital bagi perguruan tinggi untuk memperkenalkan diri kepada calon mahasiswa dan membangun citra yang kuat di mata masyarakat. Namun, untuk memaksimalkan potensi Instagram sebagai alat pembangunan citra, penting bagi perguruan tinggi untuk memahami preferensi dan nilai-nilai yang dianut oleh generasi milenial, generasi Z, dan generasi baby boomer dalam mengonsumsi konten media sosial. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis konten visual yang diposting oleh tiga perguruan tinggi di Instagram, yakni Universitas Ciputra, Telkom University, dan Institut Desain dan Bisnis Bali. Hasil analisis menunjukkan perbedaan preferensi antar-generasi terhadap konten visual, dengan generasi milenial cenderung menanggapi konten autentik yang berfokus pada keterlibatan, generasi Z tertarik pada konten informatif dan kreatif, sementara generasi baby boomer lebih responsif terhadap konten yang menyoroti prestasi akademik dan nilai-nilai tradisional. Pemahaman mendalam tentang preferensi generasi ini memungkinkan perguruan tinggi untuk mengoptimalkan strategi komunikasi mereka di Instagram, mencapai tujuan perekrutan mahasiswa, memperkuat hubungan dengan alumni, dan meningkatkan citra institusi di era digital ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Setiady, “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi,” J. Ranah Komun., vol. 3, no. 1, p. 34, 2019.

[2] P2TI, “Manfaat Media Sosial di Dunia Pendidikan Tinggi Bukan Sekedar Untuk Eksis.,” 2023. https://p2ti.uma.ac.id/manfaat-media-sosial-di-dunia-pendidikan-tinggi-bukan-sekedar-untuk-eksis/ (accessed Mar. 23, 2024).

[3] C. Mutia, “Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia,” Databoks, 2023.

[4] R. Arif, Yusnaini, and N. Khalidah, “Akun Instagram @ Ilmu_Komunikasi_Unh sebagai Media Informasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nurdin Hamzah Jambi,” J. Bincang Komun., vol. 1, no. 2, pp. 10–19, 2023.

[5] Chegg.org, “Chegg Global Student Report,” 2022. https://collegemarketing.chegg.com/insights/global-student-survey/ (accessed Apr. 10, 2024).

[6] M. Anderson and B. Auxier, “Social Media Use in 2021,” Pew Research Center, 2021. https://www.pewresearch.org/internet/2021/04/07/social-media-use-in-2021/ (accessed Mar. 23, 2024).

[7] M. Marcomm, Millennials. PT. Sembilan Cahaya Abadi, 2018.

[8] Suganda T., “Pengelolaan Pembelajaran Generasi Z. Seminar Pembelajaran Bagi Generasi Z,” Stipar Yapari, no. February, 2018.

[9] A. Pujiono, “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z,” Didache J. Christ. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.46445/djce.v2i1.396.

[10] W. G. Mangold and D. J. Faulds, “Social media: The new hybrid element of the promotion mix,” Bus. Horiz., vol. 52, no. 4, pp. 357–365, 2009, doi: 10.1016/j.bushor.2009.03.002.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Hanindharputri, M. A., Irhandi, I. G. N. G. G. Y., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2024). ANALISIS KONTEN VISUAL INSTAGRAM PERGURUAN TINGGI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA UNTUK GENERASI TERTARGET. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 7, 136–144. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/820

Most read articles by the same author(s)