PROSES PERANCANGAN DESAIN IDENTITAS VISUAL DAN KEMASAN UNTUK JICAMA PREBIOTIC BREAD

  • Gwyneth Vannia Universitas Pelita Harapan
  • Nadya Tritami Universitas Pelita Harapan
  • Stephanie Nathania Universitas Pelita Harapan
  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan
Keywords: Desain Identitas Visual, Desain Kemasan, Jicama Prebiotic Bread

Abstract

Makalah ini menjelaskan mengenai proses perancangan untuk Jicama Prebiotic Bread yang merupakan proyek perancangan logo, identitas visual, dan desain kemasan bagi produk inovasi Teknologi Pangan yang akan ditampilkan dalam acara Food Explore 13. Desain untuk Jicama mau memperkenalkan roti prebiotik yang masih asing bagi konsumen. Umumnya di Indonesia, produk yang mengandung prebiotik adalah produk minuman dan produk fermentasi yaitu yogurt. Sebagai produk inovasi prebiotik, Jicama ingin agar keunggulan produk yaitu prebiotik dapat ditonjolkan dalam desain. Proses perancangan dilakukan dengan tahapan pra-desain, desain, dan juga pasca-desain. Dalam perancangan ini dihasilkan tiga alternatif desain yang kemudian dipilih satu untuk dikembangkan lebih lanjut. Pengembangan lebih lanjut dari desain untuk Jicama meliputi perancangan desain media-media digital. Melalui makalah ini, penulis ingin menunjukkan bagaimana tahapan perancangan identitas visual yang konsisten dari awal hingga implementasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. B. (2019). Perancangan Desain Maskot Sebagai Media Promosi Higi Creative Lab Guna Meningkatkan Brand Loyalty. Retrieved February 25, 2021, from http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3966/1/16421000063-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
Ambrose, G., & Harris, P. (2011). Packaging the brand: The relationship between
packaging design and brand identity. London: AVA Publishing.
Clinehens, J. (2018). Creating a CX that sings: An introduction to Customer Journey Mapping for Marketers. United States of America: Independently Published.
Gibson, G. R., Hutkins, R., Sanders, M. E., Prescott, S. L., Reimer, R. A., Salminen, S.J.,
Reid, G. (2017). Expert consensus document: the international scientific association for probiotics and prebiotics (ISAPP) consensus statement on the definition and scope of prebiotics. Nature Reviews Gastroenterology & Hepatology, 14(8), 491–502. https://doi.org/10.1038/nrgastro.2017.75.
Grip (2013). Designing For Food. In Best Practices for Graphic Designers: Packaging. Massachusetts: Rockport.
Mudjajanto, S.E. dan L.N.Yulianti (2004). Membuat Aneka Roti. Jakarta: Penerbit Swadaya.
Noman, A.S.M., Hoque, M.A., Haque, M.M., Pervin, F., Karima, M. R. (2007). Nutritional and anti-nutritional components in Pachyrhizus erosus L. tuber. J. Food Chemistry 102:issue 4.
Sean, A., & Morioka, N. (2004). Logo Design Workbook: a hands-on guide to creating logos. Massachusetts: Rockport.
Yasmina. A.R Dan Probosari E. (2014). Perbedaan Kadar Glukosa Darah Puasa Sebelum Dan Setelah Pemberian Sari Bengkuang (Pachyrrhizus Erosus) Pada Wanita Pradiabetes. “Journal Of Nutrion College (Vol. 3, No.4)”.
Published
2021-04-01
How to Cite
Vannia, G., Tritami, N., Nathania, S., & Hananto, B. (2021). PROSES PERANCANGAN DESAIN IDENTITAS VISUAL DAN KEMASAN UNTUK JICAMA PREBIOTIC BREAD. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 295-300. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/535
Abstract dilihat 966 kali
FULL TEXT diunduh 637 kali

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>