PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN DESAIN KEMASAN UNTUK PRODUK KUE MUFFIN BRAND CRAV’FIN

Authors

  • Angela Maria Nadya Sujanto
  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan
  • Fredella Agatha Universitas Pelita Harapan
  • Lorentius Calvin

Keywords:

Crav'fin, Desain Identitas Visual, Desain Kemasan, Kue Muffin, Labu Kuning

Abstract

ABSTRACT

This paper is an elaboration of the visual identity design process and packaging design of an innovative product of the Food Engineering student at Pelita Harapan University. The innovative product is a muffin made from pumpkin puree called Crav'fin. Yellow pumpkin (Cucurbita moschata) in puree form is used as a substitute for butter, with a percentage of 60% (sixty percent). The use of pumpkin as a substitute for butter makes Crav'fin muffins a healthy, low-fat, high-fiber product. In the visual identity design process, the writer designs the visual identity design and Crav'fin packaging design into three alternative forms. The design process is done based on the stages of the chosen method, from pre-production to production. Each alternative has different keywords, exploration, and packaging implementation. The diverse concepts in each alternative design are addressed in the hope that the client can find it easier to determine the final result of the visual identity design and Crav'fin packaging. Based on the outcome of voting and questionnaires distributed, the final result of Crav'fin visual identity design is an alternative with energetic keywords. 

ABSTRAK

Makalah ini merupakan penjabaran dari proses perancangan identitas visual dan desain kemasan dari sebuah produk inovasi mahasiswi program studi Teknik Pangan Universitas Pelita Harapan. Produk inovasi merupakan kue muffin dengan bahan puree labu kuning bernama Crav’fin. Labu kuning (Cucurbita moschata) dalam bentuk puree digunakan sebagai substitusi mentega, dengan persentase sebesar 60% (enam puluh persen). Penggunaan labu kuning sebagai substitusi mentega membuat produk kue muffin Crav’fin menjadi produk yang sehat, rendah lemak, dan tinggi serat. Dalam proses perancangan identitas visual, penulis merancang desain identitas visual dan desain kemasan Crav’fin ke dalam tiga bentuk alternatif. Proses perancangan dilakukan berdasarkan tahapan metode yang dipilih, dari tahap pra-produksi hingga produksi. Masing-masing alternatif memiliki kata kunci, eksplorasi, dan implementasi kemasan yang berbeda. Perbedaan konsep pada setiap perancangan alternatif ditujukan dengan harapan, klien dapat lebih mudah untuk menentukan hasil akhir rancangan identitas visual dan kemasan Crav’fin. Berdasarkan hasil voting dan kuesioner yang dibagikan, hasil akhir rancangan identitas visual Crav’fin adalah alternatif dengan kata kunci energetic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, P., 2012, Perancangan Desain Booth ATM CIMB Niaga Di Pakuwon Trade Center Pada CV. Pelangi Surabaya Advertising. [online] http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/404/ (diakses tanggal 2 November 2020)
Brotodjojo, L. C., 2010, Semua Serba Labu Kuning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. [Jenis ref: Buku]
Grip. (2013). Best Practices for Graphic Designers: packaging. [online] https://books.google.com.mx/books?id=f2b4AgAAQBAJ, (diakses tanggal 2 November 2020)
Hananto, B. A., 2019a, Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2019, 2, 56–61. [Jenis ref: Jurnal]
I. K. (2009). Olahan Labu Kuning Untuk Bayi Dan Balita. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. [Jenis ref: Buku]
Landa, R., 2014, Graphic design solutions. Australia: Wadsworth Cengage Learning. [Jenis ref: Buku]
Rismaya, R., Syamsir, E., & Nurtama, B., 2018, Pengaruh Penambahan Tepung Labu Kuning Terhadap Serat Pangan, Karakteristik Fisikokimia Dan Sensori Muffin. Jurnal Teknologi Dan Industri Pangan, 29(1), 58-68. doi:10.6066/jtip.2018.29.1.58 [Jenis ref: Jurnal]
Wheeler, A., 2009, Designing Brand Identity (3rd Ed.). New Jersey: John Wiley & Sons. [Jenis ref: Buku]
Kartika, J. D., Ssn, MT, & Wijaya, R. S., Ssn, MT., 2016, LOGO: visual asset transitions. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. [Jenis ref: Buku]

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Sujanto, A. M. N., Hananto, B. A., Agatha, F., & Calvin, L. (2021). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN DESAIN KEMASAN UNTUK PRODUK KUE MUFFIN BRAND CRAV’FIN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 281–287. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/528

Most read articles by the same author(s)