ADAPTASI STRATEGI KOMUNIKASI SEBAGAI STRATEGI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL DIGITAL

  • Yehezkiel Penalosa Universitas Pelita Harapan
  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan
Keywords: AISAS, Strategi Komunikasi, Komunikasi Visual, Website

Abstract

Komunikasi pada media digital adalah salah satu bentuk komunikasi visual yang banyak ditemukan. Makalah ini akan membahas sebuah proses perancangan media komunikasi visual digital dengan menggunakan struktur AISAS sebagai basis perancangannya. Walaupun AISAS sendiri bukanlah sebuah struktur komunikasi visual, namun perancangan yang dilakukan penulis mencoba mengadopsi model tingkatan persepsi konsumen ini sebagai sebuah strategi komunikasi. Penggunaan struktur ini membantu pengelompokkan dan pengelolaan informasi pada halaman pada website brand yang dikembangkan oleh penulis. Penulis berharap tulisan ini dapat menjadi referensi dalam mengappropriasikan struktur AISAS sebagai strategi desain komunikasi visual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alessia, T., dan Savitri, T., 2018, ‘Menguak apa itu Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh’, [online], (https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/gluten-2/, diakses tanggal 5 Februari 2020).
Anisa, D. F., 2019, ’30 Inovasi Pangan Lokal Hadir di Lippo Mall Puri’, [online], (https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/583412/30-inovasi-pangan-lokal-hadir-di-lippo-mall-puri, diakses tanggal 7 Februari 2020).
Anonim, 2019, What is Storyteliing?, [online], (https://storynet.org/what-is-storytelling/, diakses tanggal 5 Februari 2020)
Dinarki, A., 2014, ‘PHYSICAL CHARACTERISTICS TEST OF ANALOG RICE COMPOSED OF TARO AND “ONGGOK” FLOURS UJI KARAKTERISTIK FISIK BERAS ANALOG BERBAHAN DASAR TEPUNG TALAS’, Digital Repository Unila, Tinjauan Pustaka BAB II, 3 Oktober 2019.
Hananto, B. A., 2019, ‘Penggunaan Model AIDA Sebagai Struktur Komunikasi Pada Media Sosial Instagram’, Jurnal Nawala Visual, Vol. 1, Ed. 2, hal. 81.
Inayah, N. H., 2017, ‘Desain Rumah Natural, Tinggal di Perkotaan serasa di Perdesaan’, [online], (https://interiordesign.id/desain-rumah-natural/, diakses tanggal 5 Februari 2020)
Landa, R., 2010, Advertising by Design: Generating and Designing Creative Ideas Accros Media, Second Edition, Wiley: New Jersey, hal. 67.
Li, J. & Yu, H., 2013, ‘An Innovative Marketing Model Based on AIDA: - A Case from E-bank campus-marketing by China Construction Bank’, iBusiness, Vol. 5, No. 3, hal 47-51.
Putra, I P. D. A., Dinata, R. D. S., & Wijaya, A., 2019, ‘Portrait Photo Study As Communication Media in Political Campaign’, Jurnal Nawala Visual, Vol. 1, Ed. 1, hal. 53.
Martin, B. & Hanington, B., 2012, Universal Methods of Design, Rockport: Massachusetts, hal. 146-147.
Meilyana, E., 2018, ‘AISAS Model’, [online], (http://bbs.binus.ac.id/international-marketing/2018/08/aisas-model/, diakses tanggal 7 Februari 2020).
Redaksi Halodoc, 2018, ‘6 Dampak Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gluten Untuk Kesehatan’, [online], (https://www.halodoc.com/6-dampak-terlalu-banyak-mengonsumsi-gluten-untuk-kesehatan, di akses tanggal 5 Februari 2020).
Yusuf, Y. M., 2017, ‘PERAN FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL DI BIDANG HUMAS (Studi Deskriptif Tentang Peran Fotografi Sebagai Media Komunikasi Visual Di Bidang Humas FISIP UNPAS (Universitas pasundan) Bandung)’, 147-154.
Published
2020-03-05
How to Cite
Penalosa, Y., & Hananto, B. A. (2020). ADAPTASI STRATEGI KOMUNIKASI SEBAGAI STRATEGI PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL DIGITAL. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3, 106-112. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/274
Abstract dilihat 1809 kali
FULL TEXT diunduh 782 kali