PENDIDIKAN DESAIN SEBAGAI STRATEGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan
Keywords: Pendidikan Desain, Pembangunan Berkelanjutan, Metodologi Desain, Desainer

Abstract

Berbagai isu dalam masyarakat dewasa ini merupakan sebuah isu yang tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak saja. Hal ini menunjukkan perlunya kolaborasi dan kooperasi berbagai pihak dan disiplin ilmu untuk bisa merespon isu-isu yang ada. Desain sebagai sebuah disiplin ilmu memiliki paradigma dan metodologi yang mampu memperkaya disiplin ilmu lain dengan pendekatan interdisiplinernya. Penulis berargumen bahwa desain dapat menjadi sebuah kompetensi yang dapat diinjeksi dalam pendidikan formal, baik pendidikan desain maupun non-desain. Dengan melahirkan generasi yang kritis dan terbuka, penulis percaya bahwa isu-isu yang mungkin tidak bisa diselesaikan oleh generasi ini akan dapat dipecahkan oleh generasi mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifia, O. N. (2020). Ini 4 Kebijakan Kampus Merdeka ala Mendikbud Nadiem Makarim. Retrieved February 8, 2020, from Liputan6.com website: https://www.liputan6.com/news/read/4165124/ini-4-kebijakan-kampus-merdeka-ala-mendikbud-nadiem-makarim
Berk, S. (2016). Designing for the Future of Education Requires Design Education. Art Education, 69(6), 16–20. https://doi.org/10.1080/00043125.2016.1224844
Heskett, J. (2002). Design: A Very Short Introduction. New York: Oxford University Press.
Hutapea, E. (2019). Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pendidikan Jadi Kunci Pengembangan Diri. Retrieved February 8, 2020, from Edukasi.Kompas.Com website: https://edukasi.kompas.com/read/2019/07/03/19144701/hadapi-revolusi-industri-40-pendidikan-jadi-kunci-pengembangan-diri
John Bowers. (2011). Introduction to Graphic Design Methodologies and Processes: Understanding Theory and Application (Vol. 59). Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ufh&AN=83815211&site=ehost-live
Karjaluoto, E. (2013). The Design Method: A Philosophy and Process for Functional Visual Communication. San Francisco: New Riders Publishing.
Kates, R. W., Parris, T. M., & Leiserowitz, A. A. (2005). What is Sustainable Development? Goals, Indicators, Values and Practice. Environment: Science and Policy for Sustainable Development, 47(3), 8–21.
Klarin, T. (2018). The Concept of Sustainable Development: From its Beginning to the Contemporary Issues. Zagreb International Review of Economics and Business, 21(1), 67–94. https://doi.org/10.2478/zireb-2018-0005
Lawson, B. (2005). How Designers Think: The Design Process Demystified (Fourth Edi). Oxford: Architectural Press.
What is the framework for innovation? Design Council’s evolved Double Diamond. (2015). Retrieved January 4, 2020, from Designcouncil.org.uk website: https://www.designcouncil.org.uk/news-opinion/what-framework-innovation-design-councils-evolved-double-diamond
Published
2020-03-05
How to Cite
Hananto, B. (2020). PENDIDIKAN DESAIN SEBAGAI STRATEGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 160-165. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/283
Abstract dilihat 80 kali
FULL TEXT diunduh 128 kali

Most read articles by the same author(s)