REPRESENTASI BUDAYA SUNDA DALAM DESAIN IDENTITAS DAN KEMASAN PRODUK JAIPONG

  • Jesslyn Kotandi Universitas Pelita Harapan
  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan
Keywords: Representasi Visual, Desain Kemasan, Desain Identitas Visual, Jaipong, Sunda

Abstract

Desain identitas visual dan kemasan adalah sebuah obyek yang dapat digunakan untuk menkomunikasikan berbagai macam pesan. Salah satu pesan atau nilai yang dapat ditampilkan dalam desain identitas visual dan kemasan adalah nilai-nilai budaya yang ditampilkan melalui representasi budaya. Makalah ini mencoba menerangkan proses representasi visual dari budaya Sunda melalui desain identitas visual dan kemasan produk makanan Jaipong, sebuah produk makanan yang menggunakan bahan-bahan yang banyak ditemukan di masakan Sunda. Melalui proses perancangan ini, penulis harap dapat membuka diskusi lebih lanjut lagi mengenai pentingnya dan juga cara merepresentasikan budaya dalam medium desain grafis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2019, Rumah Adat Sunda, [online], (https:// www.romadecade.org/rumahadat-sunda/#! , diakses tanggal 4 November 2019)
Boboltz, S. & Yam, K., 2017, Why On-Screen Representation Actually Matter, [online], (https://www.huffpost.com/entry/why-on-screen-representation-matters_n_58aeae96e4b01406012fe49d , diakses pada 5 Februari 2020).
Bupati Kuningan Provinsi Jawa Barat, 2019, Pelestarian Pakaian Adat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Kuningan.
Caturwati, E. & Ramlan, L., 2007, Gugum Gumbira: Dari Chacha ke Jaipongan. Bandung : Sunan Ambu Press.
Darmaprawira, S., 2002, Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya, Bandung, ITB.
Ekadjati, Edi S., 1995, Kebudayaan Sunda, Jakarta, Pustaka Jaya.
Erlangga, H., 2016, Pakaian Adat Sunda, Universitas Pasundan.
Hananto, Brian A., 2019, Perancangan Identitas Visual dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Fibble), Jurnal Gestalt, 77-94.
Harper, M. & Miller B, L., 2012, Making a Fragrance Connection Through Color, [online], (https://www.gcimagazine.com/marketstrends/segments/fragrance/138487989.html , diakses tanggal 28 Januari 2020)
Ilham, Anggie N. & Sofyan, A., 2012, Tipologi Bangunan Rumah Tinggal Adat Sunda di Kampung Naga Jawa Barat, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
Kurniati, N., 1995, Asal Usul dan Perkembangan Jaipongan Dewasa Ini di Jawa Barat, Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, UGM.
Lawson, K., 2018, Why Seeing Yourself Represented on Screen is So Important, [online], (https://www.vice.com/en_us/article/zmwq3x/why-diversity-on-screen-is-important-black-panther , diakses pada 5 Februari 2020).
Parmentier, Richard J., 2015. Representation, Symbol and Semiosis: Signs of a Scholarly Collaboration, Signs and Society, Vol. 3. Ed. 1, 1-7.
Permatasari, D., 2019, Pakaian adat dan Rumah Adat Jawa Barat, [online], (https://idoc.pub/documents/pakaian-adat-dan-rumah-adat-jawa-barat-6ngekqwk51lv , diakses pada 3 Februari 2020).
Russanti, I., 2007, Desain Kebaya Sunda Abad Ke-20 Studi Kasus di Bandung Tahun 1910-1980, Universitas Negeri Surabaya.
Published
2020-03-05
How to Cite
Kotandi, J., & Hananto, B. A. (2020). REPRESENTASI BUDAYA SUNDA DALAM DESAIN IDENTITAS DAN KEMASAN PRODUK JAIPONG. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3, 100-105. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/268
Abstract dilihat 1196 kali
FULL TEXT diunduh 827 kali