PENGGUNAAN DESAIN KARAKTER SEBAGAI BASIS IDENTITAS VISUAL SEBUAH BRAND

Authors

  • Kelvin Kelvin Universitas Pelita Harapan
  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan

Keywords:

Desain Karakter, Maskot, Brand, Identitas Visual

Abstract

Penggunaan sebuah maskot untuk membantu mempromosikan sebuah produk atau brand bukanlah hal yang langka dewasa ini. Berbagai macam produk atau perusahaan berlomba membuat desain karakter yang dapat digunakan untuk menguatkan identitas visual mereka, tidak terkecuali produk-produk makanan yang memiliki target audiens anak-anak. Salah satu produk makanan inovatif yang mengikuti pendekatan strategi ini adalah Get To Yu. Makalah ini fokus membahas mengenai perancangan yang dilakukan oleh penulis, dimana penulis membuat rancangan desain karakter untuk Get To Yu yang kemudian diimplementasikan pada medium-medium komunikasi visual lainnya. Pada akhir makalah ini, penulis menyimpulkan keunggulan memiliki sebuah maskot sebagai bagian dari identitas visual sebuah brand.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bamadhinta, Rr, 2018, ‘6 Manfaat Kacang Tolo Yang Kaya Gizi Untuk Tubuh Anda’, [online], (https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-kacang- tolo/, diakses tanggal 17 November 2019)

Bebeja.Com, 2019, ‘Manfaat Konsumsi Kembang Tahu’, [online] , (https://www.bebeja.com/manfaat-konsumsi-kembang-tahu/, diakses tanggal 18 November 2019)

Hananto, Brian A., 2019, ‘Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media: Sebuah Evaluasi Konsistensi Image dan Type Karya Mahasiswa dalam Mendesain Feed Instagram. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur.’, Vol 2, Februari 2019, hal. 60.

Hananto, Brian A., 2019, ‘Perancangan Identitas Visual Lintas Medium untuk Brand Makanan (Studi Kasus: Kupana)’, Jurnal Titik Imaji, Vol.2, No.2, hal. 46.

Kochhar, Deepak & Singh, Pavitar P., 2019, ‘Psychological Impact of a Brand Mascot in Customer’s Purchase Decision’, International Journal of Recent Technology and Engineering, Vol.7, hal. 268.

Kraak, V. I. & Story, M., 2015, ‘Influence of food companies’ brand mascots and entertainment companies’ cartoon media characters on children’s diet and health: a systematic review and research needs’, Obesity Reviews, Vol. 16, Edisi 2, hal. 119.

Simon, 2016, ‘Character Design in branding: How mascots can help your brand stand out’, [online], (https://wearemarvellous.com/character-mascot-design-branding/, diakses tanggal 20 Januari 2020)

Downloads

Published

2020-03-05

How to Cite

Kelvin, K., & Hananto, B. A. (2020). PENGGUNAAN DESAIN KARAKTER SEBAGAI BASIS IDENTITAS VISUAL SEBUAH BRAND. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3, 119–125. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/276

Most read articles by the same author(s)