ENDORSMENT SEBAGAI TREND MEDIA PEMASARAN DALAM DUNIA FASHION

  • Putu Astri Lestari
  • Sri Utami Sekolah Tinggi Desain Bali
Keywords: Endorsment, Marketing, Fashion design, Pemasaran, Fashion desain

Abstract

ABSTRACT

This article is the result of research on the phenomenon of endorsement in society, especially in the fashion design business. Today endorsement is a promotion strategy that is quite effective, because it is easy, fast, and does not require a lot of cost. The purpose of this endorse is to attract the buying interest of celebrity followers. The theoretical approach used in this research is social media theory according to Rulli Nasrullah and male gaze according to John Bergeryang who is part of the study of visual culture. The final results of this study illustrate the change in visual culture that is influenced by technological advances in society changing the way people look at the appearance of a product advertisement, especially fashion products. Trend and lifestyle of a celebrity is considered to be a factor that influences people's perception of a brand. How a brand can have an appropriate level of association, so that ultimately will determine the high number of product sales.

Keywords: Endorsment, Marketing, Fashion design

ABSTRAK

Artikel ini adalah hasil penelitian mengenai fenomena endorsement di masyarakat, khususnya dalam bisnis fashion desain Dimana dewasa ini endorsement menjadi strategi promosi yang cukup efektif, karena mudah, cepat, dan tidak memerlukan banyak biaya. Tujuan dilakukan endorse ini adalah untuk menarik minat beli para followers sang selebriti. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media sosial menurut Rulli Nasrullah dan male gaze menurut John bergeryang yang merupakan bagian dari studi budaya visual. Hasil akhir dari penelitian ini menggambarkan adanya perubahan budaya visual yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi di masyarakat mengubah cara pandang masyarakat terhadap tampilan sebuah iklan produk, terutama produk fashion. Trend dan gaya hidup seorang selebgram dinilai mampu menjadi faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap sebuah brand. Bagaimana sebuah brand tersebut dapat memiliki tingkat asosiasi yang sesuai, sehingga pada akhirnya akan menentukan tingginya angka penjualan produk.

Kata Kunci : Endorsement, Pemasaran, Fashion desain

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, Rulli. 2012. Komunikasi Antar Budaya di Era Budaya Siber. Jakarta: Prenada Media.
Riset Promosi di Media Sosial dan Prospek Selebgram, data diperoleh dari situs internet:https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3518886/dana-promosi-di-medsos-meningkat-2018-masih-jadi-tahun-yang-bagus-untuk-para-selebgram (diunduh pada tanggal 1 Feb 2020)
Saxena, S. 2014. “Social Media can be Organized in 6 Clear Categories.” Data diperoleh dari situs internet: http://www.easymedia. in/social-media-can-organized-6- clear-categories/
Soesatyo, N dan Julivan R. 2013. Analisa Credibility Celebrity Endorser Model: Sikap Audience terhadap Iklan dan Merek Serta Pengaruhnya Pada Minat Beli “Top Coffee”. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1.
Shimp, T. A. 2003. Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga.
Published
2020-03-05
How to Cite
Lestari, P. A., & Utami, S. (2020). ENDORSMENT SEBAGAI TREND MEDIA PEMASARAN DALAM DUNIA FASHION. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 310-317. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/347
Abstract dilihat 156 kali
FULL TEXT diunduh 203 kali