REPRESENTASI BUDAYA POPULER PADA IKLAN DJARUM 76 VERSI JIN ONLINE

  • Ni Putu Emilika Budi Lestari
  • Jayendra Dwi Putra
Keywords: Iklan, Djarum 76, Budaya Populer, Jin Online

Abstract

Iklan Djarum 76 versi Om Jin banyak mengangkat tentang masalah sosial di masyarakat, salah satunya adalah yang mengangkat versi Jin Online. Pada versi ini Om Jin muncul dengan fasilitas kekinian yang canggih, tetapi kocak dan nyleneh, yaitu  aplikasi “Jin Online”.  Iklan ini juga menampilkan budaya Indonesia serta sarat akan pesan dan kritikan yang cocok dengan fenomena yang terjadi di masa sekarang. Adapun tujuan penelitian adalah menguraikan lebih jauh  representasi budaya populer yang terdapat dalam iklan Djarum 76 versi Jin Online.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan aspek yang diteliti menggunakan pendekatan kerangka analisis Roland Barthes, signifikasi dua tahap yaitu denotasi dan konotasi. Dalam iklan ini Budaya popular nantinya dapat dilihat melalui tanda-tanda visual yang ditampilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barthes, Roland. 1981. Elements of Semiology. New York : Hill and Wang
Barthes, Roland. 1993. Mythology. Seuil Paris: Vintage
Danesi, M. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Jogjakarta: Jalasutra.
Jayendra Dwi Putra, I Kadek. 2017. Tesis : Kajian Konsep Bentuk dan Tanda Pada Kartun Tolak Reklamasi Karya Dian. Denpasar. Institut Seni Indonesia Denpasar.
M Aslamiyah. ‎2013. Budaya popular (online) (http://etheses.uin-Malang.ac.id/2621/3/09410151_Bab_2.pdf) diakses pada 9 januari-2019
Masinambow, E.K.M. dan Rahayu S. Hidayat. 2000. Semiotik: Kumpulan Makalah Seminar. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Lembaga Penelitian Universiatas Indonesia.

Suprapto, Andi. 2015. Ada Mitos Dalam DKV. Jakarta. PT. Lintas Imaji
Wijana, I Dewa Putu. 2004. Kartun. Jogjakarta. Ombak
Published
2019-02-21
How to Cite
Budi Lestari, N. P. E., & Putra, J. (2019). REPRESENTASI BUDAYA POPULER PADA IKLAN DJARUM 76 VERSI JIN ONLINE. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 223-229. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/138
Abstract dilihat 1474 kali
FULL TEXT diunduh 1030 kali