PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM TRANSFORMASI KEUANGAN PADA INDUSTRI KREATIF

Authors

  • Putu Astri Lestari Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Fera Carmalita Braweri Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Komang Yusmiati Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Putu Karisyati Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Yohanes Jefri Tomasui Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Manajemen Keuangan, Industri kreatif, Transformasi digital, efisiensi keuangan

Abstract

Di era disrupsi teknologi, kecerdasan buatan (AI) semakin berperan dalam mengubah cara para pengusaha bisnis kreatif dalam mengelola keuangan perusahaan. Bagi para pelaku industry kreatif tersebut, mengelola keuangan sering kali menjadi tantangan besar, terutama dalam menghadapi ketidakpastian pasar. AI hadir sebagai Solusi yang dapat membantu menyederhanakan proses pencatatan keuangan, membuat prediksi arus kas yang lebih akurat, hingga mengidentifikasi resiko dengan lebih cepat. Namun, tidak semua pelaku industri kreatif siap beradaptasi dengan perubahan ini. Biaya implementasi teknologi, keterbatasan literasi digital, serta kekhawatiran terhadap keamanan data menjadi kendala utama dalam pemanfaatan AI secara luas.
Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana AI dapat berperan dalam mendukung transformasi manajemen keuangan di industri kreatif serta strategi yang dapat diterapkan agar para pelaku usaha dapat lebih mudah beradaptasi. Melalui studi literatur dan analisis data sekunder, penelitian ini menemukan bahwa AI tidak hanya meningkatkan efisiensi dan akurasi keuangan, tetapi juga membantu pelaku industri kreatif untuk lebih focus pada inovasi dan pengembangan produk mereka. Dengan strategi yang tepat seperti peningkatan literasi digital, kolaborasi dengan teknologi finansial, serta dukungan kebijakan yang ramah inovasi, AI dapat menjadi mitra yang memperkuat keberlanjutan bisnis kreatif, bukan sekedar ancaman perubahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ways Disney Is Using AI [Case Study][2025]. (2025). https://digitaldefynd.com/IQ/ways-disney-use-ai/

Anantrasirichai, N., & Bull, D. (2022). Artificial intelligence in the creative industries: a review. Artificial Intelligence Review, 55(1), 589–656. https://doi.org/10.1007/s10462-021-10039-7

Bahoo, S., Cucculelli, M., Goga, X., & Mondolo, J. (2024). Artificial intelligence in Finance: a comprehensive review through bibliometric and content analysis. SN Business & Economics, 4(2). https://doi.org/10.1007/s43546-023-00618-x

Enjelita, M., Hasibuan, L., Susilo Rahayu, W., Al Husna, N., Yuniarsih, P., Maharani, V., Primadani, R. A., Fatkhul Huda, M., Rupa, P. S., Semarang, U. N., & Murni, S. R. (2024). Dampak Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Industri Kreatif bagi Mahasiswa Seni Rupa Angkatan 2023 Universitas Negeri Semarang. In Journal of Education and Technology (Vol. 4, Issue 1). http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet

Florida, R. (2002). The Rise of the Creative Class: And How It’s Transforming Work, Leisure, Community and Everyday Life.

how netflix uses AI datas cience and ML article. (2024, November 24). https://www.simplilearn.com/how-netflix-uses-ai-data-science-and-ml-article

Ibrahim. (2024, March). Kehadiran AI Bagi Industri Kreatif, Peluang atau Ancaman? https://unwaha.ac.id/kehadiran-ai-bagi-industri-kreatif-peluang-atau-ancaman/

Iskamto, D. (2024, December 28). Tantangan dan Hambatan Implementasi AI Dalam Dunia Pendidikan. https://www.kompasiana.com/dediiskamto5060/676f658634777c7609795432/tantangan-dan-hambatan-implementasi-ai-dalam-dunia-pendidikan

Kemenparekraf. (2021, March 5). Indonesia Menjadi Inisiator Tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia. https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Indonesia-Menjadi-Inisiator-Tahun-Internasional-Ekonomi-Kreatif-Dunia

Matthew Finio, A. D. (2023, December 8). Apa itu kecerdasan buatan di bidang keuangan? Https://Www.Ibm.Com/Id-Id/Topics/Artificial-Intelligence-Finance?

Muh. Fathir Maulid Yusuf, Ilham Akbar Garusu, & Dian Mayafaty Rauf. (2024). Sistem Penerapan Artificial Intelegence Dalam Akuntansi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2, 1–7. https://jurnal.unusultra.ac.id/index.php/jisdik/article/view/72

Hanafi, M. (2023, May 1). Dampak Kehadiran AI (Artificial Intelligence) terhadap Industri Kreatif di Indonesia. https://portalpublikasi.id/2023/05/01/dampak-kehadiran-ai-artificial-intelligence-terhadap-industri-kreatif-di-indonesia/

Mulyana, & Sutapa. (2015). 169426-ID-peran-quadruple-helix-dalam-meningkatkan. 2. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/169426-ID-peran-quadruple-helix-dalam-meningkatkan.pdf

Obinna Eziefule, A., Oyinkansola Adelakun, B., Okoye, I. N., & Attieku, J. S. (2022). The Role of AI in Automating Routine Accounting Tasks: Efficiency Gains and Workforce Implications. European Journal of Accounting, Auditing and Finance Research, 10(12), 109–134. https://doi.org/10.37745/ejaafr.2013/vol10n12109134

Puspitasari, C. (2022). Tantangan dalam Pengembangan Teknologi Artificial Intelligence di Indonesia. https://binus.ac.id/malang/2022/08/tantangan-dalam-pengembangan-teknologi-artificial-intelligence-di-indonesia/

Muntamah, S., & Sikki, N. (2025). Peran Artificial Intelligent (AI) dalam Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Bisnis di Era Digital : Sebuah Kajian Literatur. PROFIT Jurnal Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 309–319. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/profit.v4i1.3044

Sonianto, S., Fatoni, F., & Hartono, S. (2024). Dampak implementasi artificial intelligence terhadap proses bisnis dan pengambilan keputusan di perusahaan teknologi. Technologia : Jurnal Ilmiah, 15(4), 735. https://doi.org/10.31602/tji.v15i4.16138

Susanti, A. (2024). MANAJEMEN KEUANGAN: Implementasi pada Industri Kreatif dan Perusahaan. Penerbit ANDI.

Vindy Vidya Putri. (2024, September 5). Penerapan Sistem Artificial Intelligence dalam Manajemen Bisnis. https://pe.feb.unesa.ac.id/post/penerapan-sistem-artificial-intelligence-dalam-manajemen-bisnis?

Yusuf, Muh. F. M., Garusu, I. A., & Rauf, D. M. (2024). SISTEM+PENERAPAN+ARTIFICIAL+INTELLIGENCE+DALAM+AKUNTANSI. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2, 1. https://jurnal.unusultra.ac.id/index.php/jisdik/article/view/72

Zhu, X., Ao, X., Qin, Z., Chang, Y., Liu, Y., He, Q., & Li, J. (2021). Intelligent financial fraud detection practices in post-pandemic era. The Innovation, 2(4), 100176. https://doi.org/10.1016/J.XINN.2021.100176

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Lestari, P. A., Braweri, F. C., Ni Komang Yusmiati, Ni Putu Karisyati, & Tomasui, Y. J. (2025). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM TRANSFORMASI KEUANGAN PADA INDUSTRI KREATIF. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 8, 312–319. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/1017