IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN

  • Putu Astri Lestari
Keywords: Customers, business relationships, service, customer loyalty, Pelanggan, hubungan bisnis, layanan, loyalitas pelanggan

Abstract

Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak perusahaan yang semakin bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Mempertahankan tidak hanya pelanggan baru tetapi juga pelanggan yang sudah ada. Salah satu bentuk penerapan teknologi informasi yang diterapkan oleh bagian penjualan, pemasaran atau hubungan masyarakat suatu perusahaan adalah customer relationship management (CRM) yang merupakan sarana membangun hubungan yang langgeng antara perusahaan dengan pelanggan atau pengguna jasa perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan Customer Relationship Management (CRM) untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Dengan menggunakan CRM, perusahaan mengetahui apa yang diharapkan dan dibutuhkan pelanggan untuk membangun hubungan emosional yang dapat menciptakan hubungan bisnis yang dekat dan terbuka serta komunikasi dua arah. Dengan demikian, loyalitas pelanggan dapat dipertahankan dan tidak begitu saja dialihkan ke produk dan merek atau layanan lain. Tingginya tingkat persaingan antar institusi pendidikan menuntut setiap lembaga pendidikan mampu mengelola lembaganya secara profesional sebagai sebuah perusahaan. Berbagai strategi diterapkan, diantaranya adalah penggunaan customer relationship management, sehingga pelanggan lembaga pendidikan dapat memilih institusi pendidikan yang menawarkan layanan terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] “Barantum.com,” [Online]. Available: https://www.barantum.com/blog/aplikasi-crm-terbaik/. [Diakses 3 Maret 2023].
[2] “Astir Service,” [Online]. Available: https://www.astirservices.net/how_to_implement_crm.aspx. [Diakses 9 February 2023].
[3] J. A. O'Brien, Introduction To Information System: Essential for The e Business Enterprise 11th edition, New York: McGraw Hill, 2005.
[4] “Studylib.net,” [Online]. Available: https://studylib.net/doc/14176766/customer-relationship-management. [Diakses 2 march 2023].
[5] A. T. Widjaja, Konsep Dasar Customer Relationship Management (CRM), Jakarta: Harvarindo, 2000.
[6] R. d. R. M. Kalakota, E-Business 2.0 Roadmap For Success, USA: Addison, 2001.
Published
2023-03-16
How to Cite
Lestari, P. A. (2023). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 286-293. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/757
Abstract dilihat 493 kali
FULL TEXT diunduh 303 kali