KONTEN VISUAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DISEMINASI PUBLIK TENTANG COVID-19

Authors

  • Made Vairagya Yogantari Ms.
  • I Gusti Bagus Bayu Baruna Ariesta Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Konten Visual, Instagram, Media Diseminasi Publik, Covid-19

Abstract

ABSTRACT

The role of social media such as visual-based Instagram can be used as a medium of dissemination of information by the government. Information related to Covid-19 can be processed using interesting visual communication so that the purpose of the government in delivering a message to the public is on point. Especially in the midst of the positive impact of pandemic response in terms of health and economic recovery through free vaccination that must be accompanied by the dissemination of solid information but can be digested easily by the public, so that the public no longer consume fake news that has the potential to trigger public fears and interfere with government efforts in tackling the Covid-19 pandemic.

Through explorative descriptive methods, general information relating to public dissemination is collected. Furthermore, case studies were conducted through government social media accounts to be observed and re-explained by analyzing its visual literacy. Furthermore, this study aims to find out the visual content used by the government through their official Instagram account in public dissemination related to Covid-19 so that it can be a consideration in public dissemination in other areas conducted by the government.

Keywords: Visual Content, Instagram, Public Dissemination Media, Covid-19

 

Peranan sosial media seperti Instagram yang berbasikan visual dapat dimanfaatkan sebagai media diseminasi informasi oleh pemerintah. Informasi terkait Covid-19 dapat diolah menggunakan komunikasi visual yang menarik sehingga tujuan dari pemerintah dalam menyampaikan pesan kepada publik tepat sasaran. Terlebih di tengah dampak positif dari penanggulangan pandemi dari segi kesehatan serta pemulihan ekonomi melalui vaksinasi gratis yang harus dibarengi oleh penyebarluasan informasi yang padat namun dapat dicerna dengan mudah oleh masyarakat, agar masyarakat tidak lagi mengkonsumsi berita bohong yang berpotensi memicu ketakutan publik serta mengganggu upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Melalui metode deskriptif eksploratif, informasi umum yang berkaitan dengan diseminasi publik dikumpulkan. Lebih lanjut, studi kasus dilakukan melalui akun sosial media pemerintah untuk diobservasi dan dijelaskan kembali dengan menganalisis literasi visual. Lebih lanjut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten visual yang digunakan oleh pemerintah lewat akun resmi Instagram mereka dalam diseminasi publik terkait Covid-19 sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam diseminasi publik dalam bidang lain yang dilakukan oleh pemerintah.

Kata Kunci: Konten Visual, Instagram, Media Diseminasi Publik, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yohanes Widodo. 2012, Diseminasi Informasi Publik di Era Internet, [online], (https://fisip.uajy.ac.id/2012/04/17/diseminasi-informasi-publik-di-era-internet/, diakses tanggal 21 Februari 2021)

Pengadaan Web. 2019, Diseminasi: Pengertian, Tugas, dan Strategi Diseminasi, [online], (https://www.pengadaan.web.id/2019/08/diseminasi.html, diakses tanggal 22 Februari 2021)

Pakarkomunikasi.com. 2017, 8 Prinsip – prinsip komunikasi yang Baik dan Efektif – Elemen dan Tingkatannya, [online], (https://pakarkomunikasi.com/prinsip-prinsip-komunikasi, diakses tanggal 22 Februari 2021)

Tama Leaver, Tim Highfield, & Crystal Abidin. 2020, ‘Instagram: Visual Social Media Cultures’, John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). KONTEN VISUAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DISEMINASI PUBLIK TENTANG COVID-19. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 101–107. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/532