KONSEP ESTETIKA ISLAM DAN APLIKASINYA DALAM KARYA-KARYA AMRIZAL SALAYAN

  • Didit Endriawan Telkom University
  • Donny Trihanondo Telkom University
  • Tri Haryotedjo Telkom University
  • Teddy Ageng Maulana Telkom University
Keywords: Amrizal, Estetika, Islam, Senirupa, Revolusi 4.0

Abstract

Dalam medan sosial seni rupa di Indonesia, sosok seniman muslim Amrizal Salayan sangat diperhitungkan. Reputasi Amrizal Salayan sebagai seniman di Indonesia bisa dibilang sangat baik dan sangat produktif. Bukti produktivitas Amrizal Salayan dapat dilihat pada sebaran katalog-katalog pameran yang diikutinya baik dalam konteks pameran seni rupa pada umumnya (modern dan kontemporer) maupun lebih spesifik pameran seni rupa (Islam) Indonesia. Selain itu, karya-karya Publik Art Amrizal Salayan juga tersebar di banyak kota di Indonesia, bahkan mancanegara.

                Pada kajian ini, penulis berusaha meneliti tiga karya dari banyak karya yang dibuat oleh seniman muslim Amrizal Salayan. Tiga (judul) karya yang penulis maksudkan yaitu : Ia Ada Dengan Ketiadaannya, Hamba-I, dan Dari Tanah Kembali ke Tanah. Landasan teori yang penulis gunakan yaitu Estetika Islam.  Lebih spesifik, Estetika Islam yang ditulis oleh Ismail Raji Al Faruqi, Seyyed Hossein Nars, Musa Asy’arie, dan teori pendukung lainnya.

                Penulis yakin, dengan teori-teori dan data-data yang tersedia mampu menganalisis semaksimal mungkin. Karya-karya yang dibuat oleh Amrizal Salayan merupakan ekspresi seni dari jiwanya. Ekspresi yang dikeluarkan dalam bentuk karya seni tentunya bukan dari kekosongan pengalaman, terutama pengalaman spiritual. Amrizal Salayan sebagai seniman muslim tentu referensi utamanya adalah kitab sucinya.

                Amrizal Salayan dan karya-karyanya adalah sebagai obyek penelitian dalam kajian ini. Hasil kajian ini, penulis harapkan menjadi salah satu temuan penting dalam keberlanjutan seni rupa di Indonesia pada era revolusi 4.0 yang sedang berlangsung. Artinya Indonesia yang didalamnya ada banyak seniman-seniman rupa, optimis menghadapi era revolusi 4.0 yang sebagian orang mungkin berkata “menakutkan”.

 

 

Kata kunci : Amrizal, Estetika, Islam, Senirupa, Revolusi 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Faruqi, Isma’il Raji, Lois Lamya Al-Faruqi, 1986, Atlas Budaya Islam, Penerbit Mizan Anggota IKAPI, Bandung

Asy’arie, Musa. (2010): Filsafat Islam-Sunnah Nabi dalam Berpikir. Yogyakarta: LESFI
Bangun, Sem C (2000): Kritik Seni Rupa, Penerbit ITB, Bandung
Nasr, S., Hossein. (1993) : Spiritualitas dan Seni Islam.Bandung: Mizan
Leaman, Oliver.(2004) : Estetika Islam: Menafsirkan Seni dan Keindahan. Bandung: Mizan
Yudhoseputro, Wiyoso, 1986, Pengantar Seni Rupa Islam Di Indonesia, Penerbit ANGKASA Anggota IKAPI, Bandung
Published
2020-03-05
How to Cite
Endriawan, D., Trihanondo, D., Haryotedjo, T., & Maulana, T. A. (2020). KONSEP ESTETIKA ISLAM DAN APLIKASINYA DALAM KARYA-KARYA AMRIZAL SALAYAN. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 284-289. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/324
Abstract dilihat 48 kali
FULL TEXT diunduh 43 kali