SITUASI DAN KONDISI SENI RUPA DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA PADA ERA REVOLUSI 4.0

  • Ahmad Sanjaya Ginting Telkom University
  • Didit Endriawan
  • Muhammad Fauzan Rif’at
Keywords: Kondisi, Seni rupa, Medan, Sumatera, Revolusi 4.0

Abstract

Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, ini membuat Indonesia memiliki karakteristik budaya yang beragam mulai dari, etnis, ras, seni, agama dan bahasa.  Oleh karena itu hal ini menjadikan Indonesia unik, tetapi timbul masalah dari dunia seni, yaitu seni rupa, ini menjadi masalah terutama bagi seniman, mengapa ini terjadi, di sini penulis melihat adanya ketidakseimbangan dalam kemajuan atau perkembangan seni di Indonesia.  Ini bisa dilihat dari bagaimana kota-kota di Pulau Jawa sering mengadakan pameran seni, baik pameran lokal maupun internasional, sedangkan di daerah lain jarang diadakan. 

Perkembangan yang signifikan ini terjadi di pulau Jawa, misalnya, kota Semarang, yang sering mengadakan pameran seni belakangan ini, meskipun pengunjung belum memenuhi harapan, tetapi ini telah menjadi terobosan baru dalam pengembangan seni di Indonesia. 

Dengan keberadaan kota Semarang yang merupakan tempat bagi seniman untuk berkarya, hal itu akan mendorong minat masyarakat untuk mengetahui apa itu seni. Namun, untuk kota-kota yang berada di luar Jawa, masih gelap, seolah-olah tidak ada cahaya di sana. Salah satunya adalah Pulau Sumatra yang memiliki beberapa institusi seni, tetapi ini belum menunjukkan hasil yang diharapkan.

Kata Kunci: Kondisi, Seni rupa, Medan, Sumatera, Revolusi 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prosiding Seminar dan design konvergensi keilmuan seni Rupa dan Desain pada era 4.0, 2018 UNESA
Sugiharto, Bambang.2013. Untuk Apa Seni, Penerbit : MATAHARI
SUMARDJO,Jakob.2000. Filsafat Seni.Penerbit: ITB
Referensi internet
Media informasi Digital IDN TIMES 2019”pameran seni rupa kelana
Sumber lainnya
Diskusi tentang seni rupa di kota medan dengan perupa lokal “Moses Tarigan”
Published
2020-03-05
How to Cite
Ginting, A., Endriawan, D., & Rif’at, M. (2020). SITUASI DAN KONDISI SENI RUPA DI KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA PADA ERA REVOLUSI 4.0. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 171-175. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/287
Abstract dilihat 24 kali
FULL TEXT diunduh 87 kali