BUKU INTERAKTIF SEBAGAI SARANA PENGENALAN ASD DALAM MENINGKATKAN SOCIAL AWARENESS UNTUK ANAK USIA DINI
Keywords:
Autism Spectrum Disorder (ASD), Buku Interaktif, Social Awareness, Anak Usia DiniAbstract
Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan neurologis yang mempengaruhi interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku individu. Stigma negatif terhadap penderita ASD masih marak terjadi di Indonesia, terlihat dari kasus bullying hingga vidio candaan yang viral di media sosial. Kurangnya pemahaman dini terhadap ASD meningkatkan peluang terjadinya perilaku negatif ini. Memahami ASD merupakan bagian dari kesadaran sosial atau yang disebut dengan social awareness. Melatih social awareness sangat baik dilakukan pada usia dini (golden age). Melihat ciri spektrum ASD yang beragam dapat dijadikan contoh yang baik dalam melatih social awareness anak. Dengan keadaan ini, perlu adanya suatu media yang dapat mengajarkan anak mengenai spektrum ASD dalam melatih dan meningkatkan social awareness mereka. Perancangan berupa buku interaktif (participation) dinilai baik untuk menjadi solusi permasalahan ini. Sifat partisipasi dari buku memungkinkan anak untuk lebih aktif untuk menyerap ilmu kebaikan yang didapat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara ahli, observasi, dan kepustakaan baik dari buku dan jurnal maupun media online. Hasil sintesis yang didapat berdasarkan analisa data dari desain yang telah ada adalah berupa media buku interaktif (participation).
Downloads
References
E.-I.; A. Febriantini, W. A. Fitriati, and R. Oktaviani, “An Analysis of Verbal and Non-Verbal Communication in Autistic Children,” Journal of Research on Language Education (JoRLE), vol. 2, no. 1, pp. 53–56, 2021, doi: 10.1111/j.1460.
P.-Y. Chen and I. S. Schwartz, “Bullying and Victimization Experiences of Students with Autism Spectrum Disorders in Elementary Schools,” Focus Autism Other Dev Disabl, vol. 27, no. 4, pp. 200–212, Oct. 2012, doi: 10.1177/1088357612459556.
O. K. Lochner, “Exploring the impact of autism awareness interventions for general education students: A meta-analysis,” 2019.
G. O. Rekha, “Studi Tentang Bullying Pada Siswa Autis Di Sekolah Dasar Inklusi”, 2015.
R. Marisa, “Penerimaan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus oleh Teman Sebaya di Taman Kanak-Kanak (Doctoral Dissertation),” Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.
L. Uce, “The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak,” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 1, no. 2, pp. 77–92, 2017.
R. Fitriana, P. Sl, and D. Komunikasi, “Perancangan Buku Interaktif sebagai Penunjang Aktivitas Belajar Pos Paud Usia 3-4 Tahon di Kelurahan Tugu-Depok (Interactive Book Design to Support Learning Activities of Pos Paud 3-4 Years Old at Kelurahan Tugu-Depok)”, 2015.
A. Deani and P. Widodo, “Active Learning in Teaching English for Young Learners,” in Proceedings of the First International Conference on Communication, Language, Literature, and Culture, ICCoLLiC 2020, 8-9 September 2020, Surakarta, Central Java, Indonesia, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A.A. Sagung Intan Pradnyanita, I Gede Rai Brahma Riswana, I Gusti Bagus Bayu Baruna Ariesta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.