EFEKTIVITAS MEDIA DIGITAL DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA MESATUA BALI

  • I Gede Yudha Pratama Sekolah Tinggi Desain Bali
Keywords: Media Digital, Fenomena Desain, Estetika, Budaya Mesatua Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media digital dalam fenomena desain dari Budaya Mesatua Bali yang pada mulanya dikenal sebagai budaya lisan kini mulai berkembang dan dikenal sebagai budaya visual dalam cerita bergambar. Dalam memenuhi kebutuhan data sebagai bahan dari penelitian ini, maka digunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengamatan objek dalam media digital berpedoman pada suatu kajian estetika fenomena membenda suatu objek. Budaya Mesatua Bali yang kini mulai berkembang dalam media digital menjadi suatu produk yang sangat memperhatikan muatan yang bersifat fungsi praktis utiliternya beserta kaidah-kaidah efisien dan efektif dengan berorientasi pada tampilan desain yang menarik dalam tampilan visual cerita bergambar. Tampilan yang menarik dari cerita bergambar sangat berpengaruh pada visual yang dapat menghantarkan imajinasi para audiens khususnya anak-anak sebagai penikmat cerita bergambar. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui dengan adanya pengaruh dari sembilan aspek pemandu dalam fenomena desain yang terdiri dari material, tools, energy, socio culture spiritual, psycho, bio physics, status symbol, artistic, dan fungsi praktis utiliter, terhadap suatu tampilan desain visual masa kini yang dimuat melalui media digital cenderung menggugah imajinasi penikmatnya dengan  berorientasi ke arah muatan yang bersifat efisien dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budhisantoso, S., 1982: “Kesenian dan Nilai-nilai Budaya” dalam: Analisis Kebudayaan. Jakarta: Depdikbud.
Bohm, David.,2006. ‘On Creativity’, London and New York: Routledge.2006.
Kusrianto, Adi.,2007: Pengantar Desain Komunikasi Visual.Yogyakarta: Andi Offset.
Suparlan, P., 1990: “Pengembangan Kebudayaan, Individu, dan masyarakat” Makalah dalam Diskusi Sehari tentang Konsepsi Pengembangan Sumber Daya Manusia LKPSDM NU Jakarta.
Supriyono, Rahmat.,2010: DESAIN KOMUNIKASI VISUAL- Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Pratama, I.G.Y., 2015 TA: Penciptaan Buku Pop-up Mesatua Bali Berjudul"
I Lubdhaka" Dengan Teknik Pull Tab Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional. Diss. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. (https://media.neliti.com/media/publications/247991-none-59187b9d.pdf, diakses tanggal 20 Desember 2019).
Pratama, I. G. Y.,2018 ‘Aesthetics Study of Mesatua Bali Culture in Digital Media’. In International Conference on Business, Economic, Social Science and Humanities (ICOBEST 2018). Atlantis Press.
(https://www.atlantis-press.com/proceedings/icobest-18/25906821,
diakses tanggal 10 Januari 2020).
Pratama, I. G. Y., 2019, ‘Revitalizatation of Mesatua Bali Culture Throgh the Digital Media’. ARTic, 3, 135-153 (https://search.unikom.ac.id/index.php/artic/article/view/2521,
diakses tanggal 10 Januari 2020)
Published
2020-03-05
How to Cite
Pratama, I. G. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA DIGITAL DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA MESATUA BALI. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 82-89. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/265
Abstract dilihat 80 kali
FULL TEXT diunduh 73 kali