KONSEP “COLLABORATIVE CONSUMPTION” SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PERANCANGAN APLIKASI UNTUK MENGURANGI ALAT DAN MATERIAL TIDAK TERPAKAI DI KALANGAN MAHASISWA DESAIN PRODUK
Keywords:
konsumsi kolaboratif, perancangan aplikasi, mahasiswa desain produkAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi potensi penerapan collaborative consumption (CC) dalam lingkungan pendidikan, khususnya dalam konteks komunitas mahasiswa desain produk. Dengan menggunakan metode research through design, penelitian ini merancang sebuah aplikasi yang bertujuan untuk memfasilitasi pinjam-meminjam dan jual-beli alat serta material antar mahasiswa desain produk, dengan menerapkan prinsip-prinsip collaborative consumption. Aplikasi ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan sumber daya, meningkatkan efisiensi penggunaan barang dengan memfasilitas pinjam meminjam, jual beli alat dan material tidak terpakai, dan membangun ikatan sosial di antara anggota komunitas. Melalui proses desain dari pengembangan aplikasi ini, penelitian ini menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi CC dalam lingkungan pendidikan adalah reputasi, transparansi, regulasi yang jelas, komunikasi yang efektif, serta benefit yang jelas bagi semua stakeholders. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi institusi pendidikan dalam mempromosikan praktik berbagi dan kolaborasi.
Downloads
References
[2] C. Weidinger, F. Fischler, and R. Schmidpeter, “Sustainable entrepreneurship,” Bus. Success through …, 2013, [Online]. Available: https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/978-3-642-38753-1.pdf.
[3] H. Volunteer, “2020 Industry Insights :,” 2020.
[4] L. Piscicelli, T. Cooper, and T. Fisher, “The role of values in collaborative consumption: insights from a product-service system for lending and borrowing in the UK,” J. Clean. Prod., vol. 97, pp. 21–29, 2015, doi: https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.07.032.
[5] R. Botsman and R. Rogers, The Rise of Collaborative Consumption, vol. 53, no. 9. 2018.
[6] E. Arrigo, “Collaborative consumption in the fashion industry: A systematic literature review and conceptual framework,” Clean. Prod., vol. 320, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.129261.
[7] J. Zimmerman and J. L. Forlizzi, Ways of Knowing in HCI: Research Through Design HCI. 2014.