USABILITY STUDY PADA RANCANGAN WEBSITE PLAYDATE DENGAN PERMAINAN EDUKATIF (LEARNING KIT)
Abstract
Perkembangan anak usia dini dapat dimulai melalui berbagai metode, salah satunya adalah learning kit. Memperoleh sebuah learning kit, dapat dicapai melalui website yang dapat memudahkan pemesanan. Untuk itu, tim Penulis melakukan penelitian untuk membangun sebuah website yang sesuai dengan keinginan pengguna yaitu, terpenuhinya informasi terkait mainan learning kit, berkomunikasi dengan teman anak secara lebih dekat, dan mengetahui fasilitas yang digunakan pada playdate. Ketiga capian ini dapat dilihat pada website Playfield yang dikembangkan oleh tim Penulis. Hasil yang didapatkan merupakan website booking playdate dengan fitur chat dengan teman playdate. Setelah website ini mencapai tahap final, dilakukan lagi analisa dan pemberian task kepada 6 user yang menghasilkan nilai rata-rata 8.8. Melalui analisa ini, didapatkan lagi hasil yang lebih sesuai dan bagian yang harus ditingkatkan kedepannya.
Downloads
References
Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4):104–17.
Hibana S, R. (2005). Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta. Grafindo. Litera Media.
Panchenko, M. (n.d.). 7 essential usability metrics and how to use them. Eleken. https://www.eleken.co/blog-posts/usability-metrics
Task scenarios for usability testing. (n.d.). Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/task-scenarios-usability-testing/
What is usability testing? (n.d.). The Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/topics/usability-testing
What is usability testing? Guide to types, benefits & more. (2020, July 15). Maze.
https://maze.co/guides/usability-testing/
Copyright (c) 2023 Catlyn Jeniffer, Kevin Andriano, Felicia Tandiono, Neala Hendy, Devanny Gumulya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.