PENGEMBANGAN PRODUK DARI LIMBAH KANTONG PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK FUSING

  • Eliza Aristanto Universitas Pelita Harapan
  • Aloysius Baskoro Junianto
  • Devanny Gumulya
Keywords: sampah plastik, fusing, kantong plastik

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi potensi teknik fusing pada limbah kantong plastik serta membantu meneliti material baru yang dihasilkan dari pengolahan limbah kantong plastik agar lebih sustainable. Teknik fusing adalah Teknik menggabungkan dua atau lebih material dengan cara dipanaskan. Proses kerja yang dilakukan adalah memahami jenis plastik yang digunakan, yaitu polyethylene (PE); melakukan eksperimen ke beberapa kantong plastik yang terkumpul dengan menggunakan beragam jenis penghantar panas, seperti setrika, heat gun dan oven. Pada akhirnya, penulis dapat menyimpulkan bahwa material yang dihasilkan dengan mengaplikasikan teknik fusing pada limbah kantong plastik, merupakan material yang tahan air, kuat, tahan lama, dan memiliki tekstur seperti kulit. Material yang dihasilkan mempunyai estetika dan kekuatan yang cukup baik, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi beragam produk, misalnya aksesoris, tas, home décor, bahkan untuk benda struktural.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edgar, David, & Robin A. Edgar. 2009, ‘Safety Precautions for Working with Recycled Plastics." In David Edgar & Robin A. Edgar, Fantastic Recycled Plastics, New York: Lark Books.
Mechanisms, Creative. 2016, Everything You Need To Know About Polyethylene (PE), [online], https://www.creativemechanisms.com/blog/polyethylene-pe-for-prototypes-3d-printing-and-cnc (diakses 7 Desember 2017)
Osborne. 2017, The Difference Between Thermoplastic and Thermosetting Plastic, [online], https://www.osborneindustries.com/news/the-difference-between-thermoplastic-and-thermosetting-plastic/ (Diakses tanggal 7 Desember 2017).
Strong, A. Brent. 2000, ‘Plastics: Materials and Processing’. New Jersey, Prentice-Hall, Inc.
Yashoda, 2016, Difference Between Amorphous and Crystalline Polymers, [online], (http://pediaa.com/difference-between-amorphous-and-crystalline-polymers/, diakses tanggal 7 Desember 2017)
Published
2019-02-21
How to Cite
Aristanto, E., Junianto, A., & Gumulya, D. (2019). PENGEMBANGAN PRODUK DARI LIMBAH KANTONG PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK FUSING. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 416-421. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/184
Abstract dilihat 1154 kali
FULL TEXT diunduh 800 kali