ANALISIS DESAIN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PROMOSI @SAYURBOXBALI

Authors

  • Ni Wayan Nandaryani
  • Ngurah Adhi Santosa Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Dudyk Arya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

konten instagram, strategi promosi, sayurboxbali, desain, fotografi

Abstract

Media sosial merupakan media promosi yang sangat efektif karena mampu menyebarkan informasi secara cepat dan luas. Saat ini kegiatan berpromosi di media sosial semakin berkembang dengan munculnya berbagai macam platform, salah satunya yang cukup populer adalah instagram. Sayur Box merupakan usaha berbasis aplikasi belanja online yang menjual buah dan sayuran dengan memanfaatkan Instagram sebagai media promosinya. Khusus untuk penjualan di wilayah Bali, Sayur Box menggunakan akun instagram dengan nama @sayurboxbali. Sebagai sebuah cara promosi yang tergolong baru dalam berjualan buah dan sayur di Bali, penting dirasa untuk mengetahui tentang konten Instagram yang digunakan oleh @sayurboxbali dalam proses promosinya. Materi dalam penelitian ini adalah konten instagram @sayurboxbali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, metode penelusuran data online dan kepustakaan. Teori yang digunakan adalah teori desain,stategi promosi dan estetika fotografi mengkhusus pada idesional dan teknikal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas desain dan konten instagram yang digunakan sebagai strategi promosi dari @sayurboxbali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten instagram @sayurboxbali menggunakan desain yang menarik baik dari segi ilustrasi fotografi, tipografi, serta warna yang digunakan. Kontennya tidak hanya berisi tentang produk yang dijual tetapi juga dilengkapi dengan informasi manfaat tentang buah dan sayuran yang dibuat dengan desain yang menarik. Sebagai strategi promosi melalui konten instagram @sayurboxbali mengunggah 1 sampai 2 konten setiap harinya dengan informasi yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusrianto, Adi. 2006. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V. ANDI OFFSET
Pujiriyanto, 2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta : C.V. Andi Offset
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2005. Dasar-Dasar Tata Rupa & desain. Yogyakarta: Penerbit Arti Bumi Intaran.
Sarwono,J dan Lubis Hary.2007.Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta:C.V ANDI OFFSET

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Nandaryani, N. W., Santosa, N. A., & Dudyk Arya Putra, I. P. (2021). ANALISIS DESAIN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PROMOSI @SAYURBOXBALI. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 407–415. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/584

Most read articles by the same author(s)