POSTER SEBAGAI MEDIA MEMPERKENALKAN TRADISI PERANG PANDAN DI DESA TENGANAN DAUH TUKAD KARANGASEM

  • Ni Wayan Nandaryani
Keywords: poster, tradisi, perang pandan, tenganan, karangasem, perancangan

Abstract

Perang pandan atau dikenal juga dengan nama ­mekare-kare atau megeret pandan merupakan sebuah tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun di Desa Tenganan Pegringsingan dan Desa Tenganan Dauh Tukad, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Perang pandan merupakan sebuah tradisi yang dilaksanakan untuk menghormati Dewa Indra atau Dewa Perang. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memperkenalkan salah satu tradisi yang dimiliki oleh Desa Tenganan Dauh Tukad baik untuk wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Dalam perancangan ini menggunakan teori desain yaitu ilustrasi, warna dan tipografi. Konsep yang digunakan dalam perancangan adalah klasik tradisi. Gaya visualnya menampilkan kesan tradisional Bali dan lebih menonjolkan ilustrasi fotografi yang diolah kembali dengan program komputer. Perancangan ini menghasilkan desain poster untuk memperkenalakan perang pandan dan telah dipamerkan pada acara pameran Cube #2 di Kulidan Kitchen Space pada tanggal  3 sampai 10 November 2019.

Kata Kunci: perang pandan, Tenganan Dauh Tukad, tradisi, poster

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar,Desy. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: Amelia
Kusrianto, Adi. 2006. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V. ANDI OFFSET
Pratama, Alfurqan Yoneldo, __, Aktivitas Komunikasi Dalam Ritual Adatperang Pandandi Desa Tenganan : Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam RitualAdat Perang PandanDi Desa TengananKabupaten Karangasem Bali Age ,[online], https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/725/jbptunikompp-gdl-alfurqanyo-36222-11-unikom_a-l.pdf , diakses tanggal 4 Februari 2020)
Pujiriyanto, 2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta : C.V. Andi Offset
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2005. Dasar-Dasar Tata Rupa & desain. Yogyakarta: Penerbit Arti Bumi Intaran.
Sarwono,J dan Lubis Hary.2007.Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual.
Yogyakarta:C.V ANDI OFFSET
Yanuarta, I Wayan Aquaris, 2018, Tradisi Mekare-kare di Desa Bali Aga Tenganan Pegringsingan Dalam Fotografi Dokumenter,[online], (http://digilib.isi.ac.id/3592/7/JURNAL%20WAYAN%20AY.pdf , diakses tanggal 4 Februari 2020)
Published
2020-03-05
How to Cite
Nandaryani, N. W. (2020). POSTER SEBAGAI MEDIA MEMPERKENALKAN TRADISI PERANG PANDAN DI DESA TENGANAN DAUH TUKAD KARANGASEM. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 201-207. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/300
Abstract dilihat 46 kali
FULL TEXT diunduh 63 kali