KONTEN VISUAL OLEH KONSUMEN DALAM MEMPROMOSIKAN USAHA KULINER BERKELANJUTAN

  • Made Vairagya Yogantari Ms.
Keywords: konten digital, konten marketing, sosial media, made vairagya yogantari, digital marketing

Abstract

ABSTRACT

The creative economy that has begun to get special attention by the Indonesian government opens opportunities for the culinary sector to continue to grow by providing creative added value. Utilizing technological advancements and analyzing consumer’s psychographics can help culinary business in promoting their products to the public. Today's consumers have a tendency to share photos they take in culinary business location on social media. Digital content in the form of photos can be used by culinary business owners for sustainable promotion where content will continue to be provided by consumers. Using descriptive exploratory methods by taking several objects as a case study aims to determine the criteria that trigger consumers to make sustainable digital content for a culinary endeavor.

Keywords: digital content, promotional media, culinary sector

 

 

ABSTRAK

Ekonomi kreatif yang mulai mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah Indonesia membuka peluang kepada sektor kuliner untuk terus berkembang dengan memberikan nilai tambah yang kreatif. Memanfaatkan kemajuan teknologi dan menganalisa psikografis dari konsumen dapat membantu usaha kuliner dalam mempromosikan produk mereka kepada publik. Konsumen masa kini memiliki kecenderungan untuk membagikan foto yang mereka ambil di tempat usaha kuliner di media sosial. Konten digital berupa foto tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha kuliner untuk promosi yang berkelanjutan dimana konten akan terus disediakan oleh konsumen. Menggunakan metode eksploratif deskriptif dengan mengambil beberapa objek sebagai studi kasus bertujuan untuk mengetahui kriteria yang memicu konsumen membuat konten digital berkelanjutan bagi sebuah usaha kuliner.   

Kata Kunci: Konten digital, media promosi, usaha kuliner

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wheeler, Alina. 2009, ‘Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team’, Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Noble,Ian & Bestley, Russel. 2011, ‘Visual Research: An Introduction to Research Methodologies in Graphic Design’, New York: Bloomsbury Publishing.

Subdirektorat Statistik Komunikasi dan Teknologi Informasi. 2016, ‘Profil Usaha/Perusahaan 16 Subsektor Ekraf Berdasarkan Sensus Ekonomi 2016’, Badan Pusat Statistik: CV. Dharmaputra.

Prihanto, T. 2011, ‘Kreatif Menata Hunian Mungil’, Jakarta Selatan: Kawan Pustaka.

Permanasari, D., Praha, R. D., & Celsius Creative Lab. 2018. OPUS Creative Economy Outlook 2019, [online] (http://www.bekraf.go.id/downloadable/pdf_file/181161-opus-indonesia.pdf, diakses tanggal 7 Januari 2019)

Thomas, Jerry W. 2017. Decision Analyst: Market Segmentation, [online] (https://www.decisionanalyst.com/media/downloads/MarketSegmentation.pdf, diakses tanggal 29 Januari 2019)

Published
2019-02-21
How to Cite
Yogantari, M. (2019). KONTEN VISUAL OLEH KONSUMEN DALAM MEMPROMOSIKAN USAHA KULINER BERKELANJUTAN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 347-353. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/234
Abstract dilihat 581 kali
FULL TEXT diunduh 406 kali