PENGEMBANGAN ERGONOMI BENTUK DESAIN SETERIKA

  • Putri Anggraeni Widyastuti Universitas Esa Unggul
  • Oskar Judianto
Keywords: desain, ergonomi, seterika, pengembangan, bentuk

Abstract

Setrika merupakan alat yang digunakan ibu rumah tanggal dan sejenisnya agar dapat menghilangkan kerutan pakaian atau kain dengan sebuah sistem alas yang dipanaskan. Untuk menggunakannya, alas seterika dipanaskan terlebih dahulu dan digerakan secara bolak balik pada bidang pakaian atau kain yang akan digosok. Kegiatan menggosok menggunakan seterika merupakan bagian dari kegiatan rumah tangga Indonesia sehari-hari. Dengan adanya perkembangan desain seterika, maka didapat permasalahan mulai dari bentuk, fungsi dan energi yang digunakan. Ini berkaitan dengan ergonomi bentuk seterika yang mendukung aspek kenyamanan dari desain produk seterika ini. Oleh karena itu dilakukan sebua pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, __¬¬______, History of Ironing, [web internet], http://www.oldandinteresting.com/antique-irons-smoothers-mangles.aspx (diakses tanggal 17 Januari 2020).
Endraswara, Suwardi, 2006, ‘Metodologi Penelitian Kebudayaan’, Cetakan ke-2, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Masri, Andry, 2010 Strategi Visual, Jalasutra, Yogyakarta.
Putri, Risa Herdahita, ___, Asal Usul Seterika [web internet], https://historia.id/asal-usul/articles/asal-usul-setrika-6lJ0w (diakses tanggal 17 Januari 2020).
W, Henby, ____, US259054A [pdf], https://patents.google.com/patent/US259054 (diakses tanggal 17 Januari 2020).
Widyastuti, Putri Anggraeni, Ratih Pertiwi, Huddiansyah, 2019, ‘Peran Digitalisasi Dalam Fenomena Perubahan Produk Cosplay Buatan Cosmaker Pada Industri Industri Cosplay Indonesia’, Prociding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur, Sekolah Tinggi Desain Bali, Bali.
Published
2020-03-05
How to Cite
Widyastuti, P., & Judianto, O. (2020). PENGEMBANGAN ERGONOMI BENTUK DESAIN SETERIKA. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 492-498. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/348
Abstract dilihat 78 kali
FULL TEXT diunduh 240 kali