PERAN DIGITALISASI DALAM FENOMENA PERUBAHAN PRODUK COSPLAY BUATAN COSMAKER PADA INDUSTRI COSPLAY INDONESIA

Authors

  • Putri Anggraeni Widyastuti Universitas Esa Unggul
  • Ratih Pertiwi Universitas Esa Unggul
  • Huddiansyah Huddiansyah Universitas Esa Unggul

Keywords:

peran digitalisasi, fenomena perubahan produk cosplay buatan cosmaker, industri cosplay Indonesia

Abstract

Selama lebih dari 10 tahun, industri cosplay Indonesia mengalami perubahan pro-duk cosplay (costume play). Berawal dari cosplayer (pelaku cosplay) yang mem-buat kostum sendiri hingga berkembang menjadi cosmaker (costume maker atau orang yang pembuat produk cosplay). Banyak acara cosplay Indonesia diadakan tiap tahunnya membuat peminat cosplay berkembang dan menghadirkan industri cosplay. Produk cosplay buatan cosmaker pun mengalami fenomena perubahan dalam penggunaan digitalisasi seperti pencarian informasi karakter yang akan di-wujudkan, teknik pembuatan sampai materialnya. Untuk itu, dilakukan pemetaan diakronik berdasarkan media informasi cetak dan digital yang digunakan cosmaker dan cosplayer dalam pembuatan produk cosplay pada perkembangan industri cos-play di Indonesia secara fenomenologi dalam metodologi penelitian grounded theory. Dari data ini akan terlihat peran digitalisasi sebagai unsur pendukung peru-bahan produk cosplay buatan cosmaker di industri cosplay Indonesia mulai dari teknik pembuatan, material maupun media informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endraswara, Suwardi, 2006, ‘Metodologi Penelitian Kebudayaan’, Cetakan ke-2, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Melo, Pedro Novo, Carolina Machado, “Management and Technological Challenges in the Digital Age’, CRC Press, Florida.
Nurhayati, Hesti, 2012, ‘Hara-Shibu-Bara: 
Tokyo Steet Fashion Paradise’, Gramedia 
Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Widyastuti, Putri Anggraeni, 2015, ‘Kajian Transformasi Cosplay Sebagai Seni Pertunjukan Wisata Jakarta’. Prociding Seminar Nasional Strategi Indonesia Kreatif, Universitas Widyatama Bandung.
Widyastuti, Putri Anggraeni, 2017, ‘Transformasi Tata Panggung Pada Pertunjukan Cosplay Sebagai Seni Pendukung Wisata Jakarta’, Prociding Seminar Emerging Identity and Diversity of Art and Design in Southeast Asia, Asia Internasional Conference of Art and Design (AICAD), Bandung.
Widyastuti, Putri Anggraeni, 2018, ‘Perubahan Analisis Sosial Dan Semiotika Desain Iklan Acara Cosplay Di Jakarta Pada Majalah Animonster Periode Tahun 2004-2014’, Prociding Seminar Nasional Desain Sosial, Universitas Pelita Harapan, Jakarta.
Widyastuti, Putri Anggraeni, Yunita Fauzia Achmad, 2018, ‘Perancangan Acylic Poster Holder Untuk Iklan Ambient Media Pada Kaca Jendela Atas Sisi Dalam Bus Publik Non AC’, Prociding Seminar Nasional Seni dan Desain - Konvergensi Keilmuan Seni Rupa dan Desain Era 4.0, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Downloads

Published

2019-02-21

How to Cite

Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Huddiansyah, H. (2019). PERAN DIGITALISASI DALAM FENOMENA PERUBAHAN PRODUK COSPLAY BUATAN COSMAKER PADA INDUSTRI COSPLAY INDONESIA. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 272–278. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/166