IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MELALUI PERANCANGAN GAME PENGENALAN BAHASA BALI BAGI ANAK-ANAK

  • I Wayan Adi Putra Yasa STMIK STIKOM INDONESIA
  • I Nyoman Jayanegara STMIK STIKOM Indonesia
  • I Nyoman Widhi Adnyana STMIK STIKOM Indonesia
Keywords: game, bahasa Bali, media kreatif

Abstract

Bahasa Bali sebagai bahasa pengantar dalam berkomunikasi mengalami banyak tantangan pada masa revolusi digital saat ini. Salah satunya adalah mulai berkurangnya penggunaan bahasa Bali sebagai bahasa pengantar dalam pergaulan pada daerah urban di Bali, hal ini dimungkinkan karena pesatnya perkembangan pariwisata yang berimbas pada pluralnya masyarakat Bali sehingga bahasa Indonesia lebih dominan digunakan dalam pergaulan. Walaupun tergerusnya penggunaan bahasa Bali oleh bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan tidak berlangsung secara radikal namun pelestarian bahasa Bali sebaiknya dilakukan secara dini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cukup pesat, memungkinkan pelestarian bahasa Bali dilakukan secara kreatif. Game merupakan salah satu bentuk teknologi multimedia yang dapat digunakan dalam pelestarian bahasa Bali.  Tulisan ini akan memaparkan mengenai perancangan game “ngiring melajah basa bali” dengan basis android yang bertujuan untuk melestarikan bahasa Bali dengan melakukan pendekataan kekinian. Perancangan ini akan melalui enam proses, yakni; konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Munir, 2012, ‘Multimedia, Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan’, Alfabeta, Bandung.
Putra, Dian Wahtu, dkk, 2016,‘Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini’, Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol.1, No.1.
Raharja, I Gede Mugi, 2018, ‘Implementasi Pembangunan Berkelanjutan Pada Bidang Seni Rupa Dan Desain’, Prodising Seminar Nasional Desain dan Arsitektur-STD Bali.
Sudarsana, I Ketut, 2017, ‘Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Bali Pada Kalangan Remaja’, Prodising Seminar Nasional Bahasa dan Budaya-IHDN Denpasar.
Vitianingsih, Anik Vega, 2016, ‘Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal INFORM, Vol. 1, No. 1.
Published
2020-03-05
How to Cite
Putra Yasa, I. W., Jayanegara, I. N., & Widhi Adnyana, I. N. (2020). IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MELALUI PERANCANGAN GAME PENGENALAN BAHASA BALI BAGI ANAK-ANAK. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 240-245. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/311
Abstract dilihat 62 kali
FULL TEXT diunduh 59 kali