AUGMENTED REALITY DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

  • Putu Wirayudi Aditama STIMIK STIKOM INDONESIA (082145053784)
  • I Nyoman Widhi Adnyana STMIK STIKOM Indonesia
  • Kadek Ayu Ariningsih STMIK STIKOM Indonesia
Keywords: Augmented Reality, multimedia, bidang pendidikan

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam realitas atau kenyataan kemudian memunculkan atau memproyeksikan secara real time. AR dapat digunakan dalam membantu memvisualkan atau menampilkan konsep yang abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu objek. Inti dari AR adalah melakukan interfacing untuk menempatkan obyek virtual ke dalam dunia nyata  Aplikasi AR erat kaitannya dengan multimedia itu sendiri, dalam penerapannya aplikasi AR dirancang untuk memberikan interaksi dan informasi yang lebih detail dari suatu objek secara dua dimensi atau tiga dimensi. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality dalam multimedia sangat berpengaruh di beberapa bidang, yaitu dalam bidang pendidikan, kesehatan, entertainment, bisnis, manufaktur, militer, desain rekayasa, robotik, dan lain sebagainya. Dalam pembangunan berkelanjutan saat ini peranan AR sangat tepat diterapkan di berbagai bidang multimedia, karena akan meningkatkan interaksi dan efektifitas dalam penyampaian suatu informasi. Pada bidang pendidikan teknologi AR dapat merangsang pola pikir peserta didik dalam berpikir kritis terhadap suatu masalah dan kejadian yang terjadi dalam lingkungan atau keseharian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Yudhastara, Brian. 2012. Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Hewan pada Anak Usia Dini Secara Virtual. [online], (https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/698/jbptunikompp-gdl-muhammadfa-34865-8-unikom_m-.pdf, diakses tanggal 2 Januari 2019)
2. Perdana, Mukhlis Yuzti, Yuli Fitrisia, Yusapril Eka Putra. 2012. Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android. jurnal.pcr.ac.id.
3. Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta
4. Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6.
5. Rahmat, Berki. 2011. Analisis dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality. Medan: Universitas Sumatera Utara.
6. Fernando, Mario. 2013. Skripsi: Membuat Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Manado: Universitas Klabat Manado.
7. Ramadar, Pelsri. 2014. N.S Flartoolkit Flash Augmented Reality Alt Actionscript. Online.
8. Sutoyo, T, dkk. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi.
9. Shapiro, Linda dan George C. Stockman. 2001. Computer Vision. New Jersey: Prentice-Hall
Published
2019-02-21
How to Cite
Aditama, P., Widhi Adnyana, I. N., & Ariningsih, K. A. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 176-182. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/225
Abstract dilihat 4611 kali
FULL TEXT diunduh 6281 kali