DKV DALAM PUSARAN INDUSTRI KREATIF

  • I Nyoman Jayanegara STMIK STIKOM Indonesia
  • I Wayan Adi Putra Yasa STMIK STIKOM Indonesia
Keywords: ekonomi kreatif,desain komunikasi visual, solusi kreatif, kemasan

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan paradigma baru yang mengandalkan ide atau kreativitas dari sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor produksi utamanya. Ekonomi kreatif di Indonesia mampu menyumbang 7,38% PDB Indonesia dan desain komunikasi visual sebagai salah satu dari 16 sub-sektor memiliki pertumbuhan tertinggi sebesar 10,28 % pada tahun 2016. Desain komunikasi visual yang memfokuskan produknya pada jasa dan bukan pada produk yang bersifat masal, secara tidak langsung mampu masuk ke 16 sub-sektor lainnya. Desain komunikasi visual mampu menawarkan sebuah solusi kreatif dalam mengkomunikasikan produk-produk kepada khalayak dengan tampilan yang menarik dan inovatif sehingga secara tidak langsung mampu menambah nilai produk itu sendiri. Sub-sektor kuliner sebagai penyumbang PDB ekonomi kreatif terbesar di Indonesia memerlukan desain komunikasi visual sebagai salah satu solusi pemecahan masalah dalam memngkomunikasikan produknya. Dengan mengandalkan kreativitas komunikasi visual dalam perancangan kemasan sampai visual branding sebuah produk kuliner dapat ditingkatkan nilainya secara ekonomis di mata khalayak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityawan, Arief, 2010, Tinjauan Grafis Dari Revolusi Industri Hingga Indonesia Kini, PT.Concept Media, Jakarta. [Jenis ref:Buku]
Badan Ekonomi Kreatif, 2017, Opus Ekonomi Kreatif Outlook 2017, Jakarta. [Jenis ref:Buku]
___________________,Data Statistik dan Hasil Survey Ekonomi Kreatif Kerjasama Badan Ekonomi Kreatif Dan Badan Pusat Statistik, 2017. [Jenis ref:Buku]
___________________, Opus Ekonomi Kreatif Outlook 2019, Jakarta, 2018. [Jenis ref:Buku]
Irawan, Andri, Ekonomi Kreatif Sebagai Suatu Solusi Mensejahterakan Masyarakat Dalam Meningkatkan Tingkat Perekonomian, Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (SNEB) 2015, hal.1-5. [Jenis ref:Prosiding Seminar]
Klimchuk, Marianne Rosner & Sandra A.Krasovec, 2007, Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Erlangga, Jakarta. [Jenis ref:Buku]
Kabar komik. Proses pembuatan si tuak yang tak memabukan.2017 (online) https://kabarkomik.wordpress.com/2017/04/23/proses-pembuatan-si-tuak-yang-tak-memabukkan/, diakses tanggal 15 Januari 2019
Pahlevi, Andreas Syah dkk, Kolase Pemikiran Kreatif Indonesia, CV.Oxy Consultant, Jakarta, 2018. [Jenis ref:Buku]
Nirawati, Ni Putu. Loloh Cemcem Penglipuran Bangli Makin diminati.2016 (online) http://rri.co.id/denpasar/post/berita/318727/gaya_hidup/loloh_cemcem_panglipuran_bangli_makin_diminati.html. diakses 20Januari 2019
www.instagram.com/legendatuakmanis
www.instagram.com/l loloh_cemcem_penglipuran
Published
2019-02-21
How to Cite
Jayanegara, I. N., & Putra Yasa, I. W. A. (2019). DKV DALAM PUSARAN INDUSTRI KREATIF. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 77-83. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/213
Abstract dilihat 1957 kali
FULL TEXT diunduh 3008 kali