CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA KREATIF PENGENALAN TRADISI OMED-OMEDAN DI DENPASAR
Keywords:
Tradisi Omed-Omedan , Media Komunikasi Visual, Cerita bergambarAbstract
Tradisi Omed-Omedan merupakan sebuah permainan saling tarik menarik antara pemuda dan pemudi dari warga asli Banjar Kaja, Sesetan, yang diselenggarakan satu hari setelah hari raya Nyepi yakni pada saat hari Ngembak Geni (pinanggal kaping siki sasih kadasa) untuk menyambut tahun baru Caka. Tradisi ini telah mengalami berbagai perubahan dalam pelaksanaan yang diakibatkan dengan perkembangan jaman, namun cerita atau asal mula tradisi Omed-Omedan sering luput dari perhatian masyarakat. Cerita maupun asal mula terjadinya tradisi ini biasanya hanya sebagai pendahuluan atau bahkan bagian kecil dalam pemberitaan di beberapa media massa, sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui asal mula tradisi ini. Diperlukan sebuah media komunikasi visual berupa cerita bergambar untuk mengenalkan sejarah dari tradisi unik di kota Denpasar ini, dimana media ini memiliki sifat informatif, komunikatif serta menarik perhatian khalayak. Cerita bergambar ini akan dirancang dengan menggunakan lima langkah yakni pengumpulan asset, strategi visual yang menyasar kalangan anak-anak dan remaja, konsep visual revivalisme dan eklektikisme, pengembangan desain, dan implementasi desain. Perancangan cerita bergambar ini diharapkan menjadi media komunikasi visual yang mampu menembus batas keterbatasan literasi.
Downloads
References
[Disbud], Tradisi Med-Medan di Banjar Kaja Sesetan, Deskripsi Sejarah, Struktur, Fungsi dan Makna, Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Denpasar, 2016.
Landa, Robin, Graphic Design Solutions, Planet Friendly Publishing, Boston, 2011.
Munggah, I Made, Med-Medan-Tradisi Unik dari Sesetan, Pustaka Bali Post, Denpasar, 2008.
Ngura, Elisabeth Tantiana, Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende, Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol. 5, No. 1, Maret 2018.
Nuranisaa, Siti, Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol.1, No. 2a Desember 2017.
Nurhaida, dkk, Merancang Media Hiburan Buku Cergam Menjadi Media Belajar Untuk Alat Bantu Komunikasi, Jurnal Mediator, Vol.8, No.1, Juni 2007.