IMPLEMENTASI MATERIAL ROTAN PADA FURNITURE DAN INTERIOR HOTEL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF

  • Niken Laksitarini Interior Design Study Program, Faculty of Creative Industries Telkom University
  • Agus Dody Purnomo Universitas Telkom
  • Rizqi Fauzan Akmal Universitas Telkom
Keywords: creative industry, interior, hotel, rattan

Abstract

Indonesia merupakan negara penghasil rotan yang memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan. Rotan merupakan material yang diyakini dapat diolah menjadi produk-produk kreatif yang bernilai ekonomi tinggi guna mendukung peningkatkan kesejahteraan masyarakat. Produk kreatif rotan juga memiliki keistimewaan baik dari segi fungsi maupun estetika. Agar produk tersebut dapat diterima sebagai produk berkelas maka diperlukan sarana tempat untuk mempromosikannya. Hotel sebagai fasilitas hospitality dapat menjadi media komunikasi dan promosi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan rotan sebagai material utama maupun pendukung dalam desain interior. Selain itu juga memberikan studi alternatif dimana hotel sebagai media promosi produk industri kreatif. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptrif kualitatif, dengan membahas pemanfaatan material rotan untuk furniture dan elemen interior hotel. Dalam penerapannya lebih mengedepankan unsur kreativitas dan inovasi sehingga dapat mengangkat derajat rotan menjadi produk yang bernilai tinggi . Penelitian ini menjelaskan proses penelitian yang diharapkan dapat menjadi salah satu mediator dalam membawa produk industri kreatif Indonesia ke tengah persaingan global. Melalui industri kreatif diharapkan dapat mengangkat perekonomian nasional dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Perdagangan RI. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Departemen Perdagangan RI.
Fitriana, Aisyah Nurul. (2014). Pengembangan Industri Kreatif Di Kota Batu (Studi tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu). Jurnal Administrasi Publik, Vol. 2 (2). Page 281-286.
Hartono. Prospek Industri Rotan dan Saran Yang Diperlukan. Workshop Deregulasi Rotan. Jakarta. Asmindo. 1998
Jasni, Krisdianto, Titi Kalima,Abdurachman. (2012). Atlas Rotan Indonesia-jilid 3. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan.
Nugraha, Dimas Hastama. (2016). Kota Kreatif dan Strategi Keberlanjutannya Studi Kasus: Kota Yogyakarta dan Bandung. Prosiding Seminar Nasional Kota Kreatif, vol. 1. Page 169-179.
Rochani, Agus. (2017). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mewujudkan Kota Cerdas Studi Kasus : Kabupaten Purbalingga. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dalam Pengembangan Smart City, vol 1 (1). Page 81-93.
Rencana Strategis 2020-2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Simanjuntak, Natalia, M. Idham, Hafiz Ardian. (2016). Pemanfaatan Rotan Sebagai Bahan Kerajinan Anyaman Di Desa Sedahan JayaKecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Hutan Lestari, Vol.4 (3). Page 344-351.
Suwarto, D.H., Aryanto, I.K. Kebijakan Kota Kreatif di Daerah Istimewa Yogyakarta; Sebuah Analisis Kebijakan. PAHMI 9th International Conference Yogyakarta State University. 2015
Published
2023-03-16
How to Cite
Laksitarini, N., Purnomo, A., & Akmal, R. F. (2023). IMPLEMENTASI MATERIAL ROTAN PADA FURNITURE DAN INTERIOR HOTEL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 230-235. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/766
Abstract dilihat 328 kali
FULL TEXT diunduh 266 kali