Hybrid Learning Dan Kolaborasi Implementasi Workshop Kayu Pada Pasca Pandemi

Authors

  • Agus Dody Purnomo universitas telkom

Keywords:

hybrid learning, kolaborasi, makerspace, new normal, workshop

Abstract

Pandemi Covid 19 merubah segala tatanan kehidupan di masyarakat yang sudah berjalan selama ini. Segala aktivitas yang dilakukan masyarakat dituntut untuk beradaptasi pada suatu kebiasaan baru termasuk di dalamnya proses pembelajaran di perguruan tinggi. Model pembelajaran hybrid learning menjadi salah satu solusi dalam aktivitas akademik. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendokumentasikan salah satu kegiatan pengembangan kompetensi dosen melalui kegiatan workshop. Kegiatan tersebut nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah model kegiatan workshop untuk proses pembelajaran bagi mahasiswa. Metode workshop menggunakan hybrid learning dimana pemaparan materi awal tentang kayu dan peralatan melalui online (zoom). Kemudian dilanjutkan praktik bengkel kayu yang dilaksanakan di lokasi (onsite). Kegiatan workshop kayu dengan bentuk hybrid learning menjadi kebiasaan baru di perguruan tinggi. Kegiatan tersebut nantinya menjadi sarana pengembangan kompetensi dosen maupun mahasiswa. Pada pelaksanaan workshop kayu tetap mentaati aturan protokol kesehatan (prokes) serta mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Kegiatan berlangsung selama 4 (empat) hari, diikuti oleh dosen Program Studi Desain Interior FIK Universitas Telkom sebagai peserta. Sedangkan yang bertindak sebagai instruktur / pemateri workshop adalah tim Bukatana Makerspace. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kolaborasi antara perguruan tinggi bidang Desain Interior dengan makerspace (Bengkel Kreatif) Bukatana Makerspace. Hybrid learning dan kolaborasi pada pasca pandemi diharapkan akan menjadi budaya akademik yang terus dikembangkan di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Diana, D., & Hakim, L. (2021). … Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah: Tinjauan Konseptual Dalam Upaya Meningkatkan Inovasi Pendidikan dan Kreatifitas Pembelajaran di …. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi …, 1177.
[2] Fauzan, & Arifin, F. (2017). Hybrid Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Fauzan , Fatkhul Hybrid Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran. Seminar Nasional Profesionalisme Guru Di Era Digital, November 2017, 244–252.
[3] Harto, K. (2018). Tantangan Dosen Ptki Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159
[4] Indah, K. B., & Mahyuni, L. P. (2021). Strategi Orkestrasi Platform Bisnis Pendidikan Era New Normal. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(3), 734–742. https://doi.org/10.17358/jabm.7.3.734
[5] Jeffrey, L., Milne, J., Suddaby, G., & Higgins, A. (2014). Blended Learning: How Teachers Balance the Blend of Online and Classroom Components. Journal of Information Technology Education: Research, 13(January), 121–140. https://doi.org/10.28945/1968
[6] Kasali, R. (2017). DISRUPTION Tak Ada Yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup (VI). PT Gramedia Pustaka Utama.
[7] Rusdi, J. F., Baktina, T. G., Hadiningrat, R. G., Sunaryo, B., Fannya, P., & Laurenty, F. (2020). Kolaborasi Peneliti Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 41(1), 23. https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i1.585
[8] Siregar, F., & Sudrajat, D. (2017). Enabling Spaces: Mapping Creative Hubs In Indonesia. 4. Konferenz Professionelles Wissensmanagement.Erfahrungen Und Visionen, 363–371.
[9] Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
[10] Syamsiati, I. (2018). Co-Working Space di Lingkungan Akademis sebagai Media Kreativitas Studi Kasus : Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca, 34(1), 1–16.

Downloads

Published

2022-03-17

How to Cite

Purnomo, A. D. (2022). Hybrid Learning Dan Kolaborasi Implementasi Workshop Kayu Pada Pasca Pandemi. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 5, 173–178. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/625