MEDIA PROMOSI BUKU “PETUALANGAN DI DUNIA NUTRISI ”UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN
Abstract
Indonesia adalah negara dengan tingkat kesehatan yang tergolong rendah secara global, yaitu berada pada peringkat 117 dari 180 negara. Sebanyak 11,2 % anak berusia 5-12 tahun mengalami kekurangan gizi. Konsumsi susu di Indonesia sebanyak 16,27 kg/kapita/tahun, tergolong lebih rendah dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Fenomena tersebut disebabkan kurangnya edukasi tentang pentingnya manfaat susu, terutama bagi anak usia 7-12 tahun. Buku Petualangan di Dunia Nutrisi adalah buku untuk anak usia 7-12 tahun yang berisi informasi tentang manfaat setiap nutrisi yang terkandung dalam susu, selain itu juga dijelaskan mengenai berbagai macam perbedaan susu yang ada di pasaran. Agar anak usia 7-12 tahun mengetahui adanya buku ini maka dibutuhkan media promosi. Metode yang digunakan Customer Journey dan dianalisis menggunakan Point of Contact. Tujuan dari promosi buku adalah agar anak usia 7-12 tahun mengetahui adanya buku “Petualangan di Dunia Nutrisi” sehingga mereka memiliki pengetahuan tentang manfaat susu dan dapat menilai susu manakah yang sesuai untuk mereka minum.
Downloads
References
Referensi dari buku
[4] Indonesia, M. K. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Angka Kecukupan. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2019, p.7
[5] Permenkes, R. Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2019, p.28
[9] A. Kusrianto. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: CV Andi Offset, 2007, p. 32
Referensi dari artikel jurnal
[3] Sutikno, A. N. “Bonus demografi di indonesia”. Visioner: Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, vol. 12, No. 2, pp. 421-439. 2020.
[7] Bujuri, D. A. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” LITERASI: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 9, No.1, pp. 37-50. 2018
[8] D. E. Valentino. “Perancangan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Pada Novena Hotel Bandung,” Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 7, no. 2, pp. 213–215. 2021
Referensi dari Websites
[1] Kemendagri. Dukcapil. “Distribusi Penduduk Indonesia Per Juni 2021: Jabar Terbanyak, Kaltara Paling Sedikit”. Internet: https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/809/distribusi-penduduk-indonesia-per-juni-2021-jabar-terbanyak-kaltara-paling-sedikit#:~:text=“Berdasarkan%20data%20Administrasi, 7 Agustus, 2021 [Feb, 16, 2023]
[2] Novrizaldi. “Hasil Survei Penduduk 2020 Peluang Indonesia Maksimalkan Bonus Demografi”. Internet: https://www.kemenkopmk.go.id/hasil-survei-penduduk-2020-peluang-indonesia-maksimalkan-bonus-demografi, 4 Februari, 2021 [Feb. 16, 2023].
[6] CNN, Indonesia. “BKKBN Tekankan Susu Penting untuk Siapkan Generasi Unggul.” Internet: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210609185952-25-652373/bkkbn-tekankan-susu-penting-untuk-siapkan-generasi-unggul, 9 Juni, 2021 [Feb. 16, 2023]
[10] Sampoerna University. “Customer Journey: Arti, Tahapan, Map, dan Jenisnya”. Internet: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/customer-journey-arti-tahapan-map-dan-jenisnya/, 19 September, 2022 [Feb. 15, 2023]
Copyright (c) 2023 Masnuna Masnuna, Mochammad Al Hadad Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.