MEDIA PROMOSI BUKU “PETUALANGAN DI DUNIA NUTRISI ”UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN

  • Masnuna Masnuna Universitas Pembangunan Nasional Veteran
  • Mochammad Al Hadad Firmansyah Universitas Pembangunan Nasional Veteran
Keywords: media, promotion, book, nutrition, children

Abstract

Indonesia adalah negara dengan tingkat kesehatan yang tergolong rendah secara global, yaitu berada pada peringkat 117 dari 180 negara. Sebanyak 11,2 % anak berusia 5-12 tahun mengalami kekurangan gizi. Konsumsi susu di Indonesia sebanyak 16,27 kg/kapita/tahun, tergolong lebih rendah dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Fenomena tersebut disebabkan kurangnya edukasi tentang pentingnya manfaat susu, terutama bagi anak usia 7-12 tahun. Buku Petualangan di Dunia Nutrisi adalah buku untuk anak usia 7-12 tahun yang berisi informasi tentang manfaat setiap nutrisi yang terkandung dalam susu, selain itu juga dijelaskan mengenai berbagai macam perbedaan susu yang ada di pasaran. Agar anak usia 7-12 tahun mengetahui adanya buku ini maka dibutuhkan media promosi. Metode yang digunakan Customer Journey dan dianalisis menggunakan Point of Contact. Tujuan dari promosi buku adalah agar anak usia 7-12 tahun mengetahui adanya buku “Petualangan di Dunia Nutrisi” sehingga mereka memiliki pengetahuan tentang manfaat susu dan dapat menilai susu manakah yang sesuai untuk mereka minum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Referensi dari buku
[4] Indonesia, M. K. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Angka Kecukupan. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2019, p.7
[5] Permenkes, R. Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2019, p.28
[9] A. Kusrianto. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: CV Andi Offset, 2007, p. 32


Referensi dari artikel jurnal
[3] Sutikno, A. N. “Bonus demografi di indonesia”. Visioner: Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, vol. 12, No. 2, pp. 421-439. 2020.
[7] Bujuri, D. A. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” LITERASI: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 9, No.1, pp. 37-50. 2018
[8] D. E. Valentino. “Perancangan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Pada Novena Hotel Bandung,” Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 7, no. 2, pp. 213–215. 2021


Referensi dari Websites
[1] Kemendagri. Dukcapil. “Distribusi Penduduk Indonesia Per Juni 2021: Jabar Terbanyak, Kaltara Paling Sedikit”. Internet: https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/809/distribusi-penduduk-indonesia-per-juni-2021-jabar-terbanyak-kaltara-paling-sedikit#:~:text=“Berdasarkan%20data%20Administrasi, 7 Agustus, 2021 [Feb, 16, 2023]
[2] Novrizaldi. “Hasil Survei Penduduk 2020 Peluang Indonesia Maksimalkan Bonus Demografi”. Internet: https://www.kemenkopmk.go.id/hasil-survei-penduduk-2020-peluang-indonesia-maksimalkan-bonus-demografi, 4 Februari, 2021 [Feb. 16, 2023].
[6] CNN, Indonesia. “BKKBN Tekankan Susu Penting untuk Siapkan Generasi Unggul.” Internet: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210609185952-25-652373/bkkbn-tekankan-susu-penting-untuk-siapkan-generasi-unggul, 9 Juni, 2021 [Feb. 16, 2023]
[10] Sampoerna University. “Customer Journey: Arti, Tahapan, Map, dan Jenisnya”. Internet: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/customer-journey-arti-tahapan-map-dan-jenisnya/, 19 September, 2022 [Feb. 15, 2023]
Published
2023-03-16
How to Cite
Masnuna, M., & Firmansyah, M. (2023). MEDIA PROMOSI BUKU “PETUALANGAN DI DUNIA NUTRISI ”UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 99-108. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/744
Abstract dilihat 232 kali
FULL TEXT diunduh 209 kali