ANALISIS SEMIOTIKA PADA MEDIA SOSIAL MEME “DESIGNER’S LIFE”

Authors

  • I Gusti Ayu Nila Wijayanti STD Bali

Keywords:

meme, designer’s life, analisis semiotika

Abstract

Saat ini dimana manusia sangat dekat dengan teknologi dan berbasis internet, maka mudah bagi mereka untuk mengakses segala informasi, berkomunikasi, berinteraksi dan tidak memiliki batasan untuk menimba ilmu. Selain berkomunikasi dengan bahasa, manusia juga menggunakan gambar untuk mengungkapkan perasaan dan pikirannya. Saat ini yang beredar di internet terdapat meme sebagai bentuk manusia dalam mengkomunikasikan gagasan, serta memiliki tujuan lain seperti protes sosial di masyarakat dan juga untuk menghibur masyarakat serta tidak jarang sebuah meme memiliki makna yang dalam dan tidak akan mudah dipahami oleh orang yang tidak mengetahui konteks sosial yang sedang terjadi.

Nugraha, dkk. (2015:239) menyatakan meme adalah gambar atau foto yang diberi teks atau bahasa sehingga menghasilkan makna baru. Tidak banyak teori yang menjelaskan tentang meme. Istilah meme ini berasal dari bahasa Yunani “mimema” yang berarti sesuatu yang ditiru. Meme dalam bentuk video maupun gambar seringkali menggambarkan perilaku atau gaya hidup maupun profesi seseorang yang dibuat sebagai lelucon serta sarat akan unsur menghibur karena sifatnya yang dikategorikan sebagai sebuah parodi ataupun satire. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tanda tanda visual yang digunakan berupa elemen tulisan dan elemen gambar pada meme designer’s life,  contoh meme yang diambil dari internet terbatas hanya 3 meme serta dianalisa menggunakan teori Ferdinand de Saussure dan Charles Sander Peirce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nugraha, dkk. (2015:239)

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Wijayanti, I. G. A. N. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA PADA MEDIA SOSIAL MEME “DESIGNER’S LIFE”. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 301–308. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/590