ANALISIS SEMIOTIKA LOGO PT. WIJAYA TRIBWANA INTERNATIONAL

  • I Gusti Ayu Nila Wijayanti STD Bali
Keywords: logo, citra visual, elemen grafis, PT. Wijaya Tribwana

Abstract

Setiap produk, perusahaan maupun organisasi membutuhkan identitas sebagai ciri khas. Ciri khas tersebut yang akan digunakan sebagai pengingat oleh konsumen. Selain brand atau merek, produk, perusahaan maupun organisasi juga menggunakan slogan dan logo dalam bentuk promosi mereka baik promosi media cetak ataupun iklan televisi. Perusahaan yang secara konsisten menggunakan dan memperkenalkan logo mereka ke publik secara lambat laun akan mengunggah ingatan konsumen terhadap produk, perusahaan dan organisasi tersebut yang secara perlahan akan berujung membentuk perilaku konsumen yang responsif terhadap layanan yang ditawarkan dalam promosi. Contoh lain dalam aplikasi branding sebuah perusahaan dapat dilihat dari pemilihan dan penggunaan logo. Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa saja berupa nama, lambang atau elemen grafis lainnya yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo juga diciptakan sebagai identitas yang unik serta membedakan perusahaan satu dengan lainnya. Logo bisa diibaratkan sebagai wajah dan merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan dalam bentuk simbol. PT. Wijaya Tribwana Internasional dulunya merupakan salah satu kantor konsultan yang bergerak dibidang desain terkemuka di Bali bahkan di dunia yang dimiliki oleh ekspatriat Australia yang telah lama berdomisili di Denpasar bernama Michael White yang mengkomunikasikan pesan mengenai jenis usaha serta citra perusahaannya dengan menggunakan sistem kepada konsumen. Tanda- tanda visual yang digunakan berupa elemen tulisan dan elemen gambar pada logo PT. Wijaya tribwana, dianalisa menggunakan teori Ferdinand de Saussure dan Charles Sander Peirce. Logo tersebut memiliki makna filosofis tentang unsur kehidupan yang terus bergulir dan berkelanjutan.

Kata kunci : logo, citra visual, elemen grafis, PT. Wijaya Tribwana

 

ABSTRACT

            Every product, company and organization needs identity as its characteristic. These characteristics will be used as reminders by consumers. Besides brand, products, company and organization also use slogans and logos in the form of their promotions, both print promotional or television advertisements. Companies that is consistently use and introduce their logos to the public gradually upload consumers memories of these products that will make consumers behavior that is responsive to services which is offered in the promotions. Another example in a company’s branding application can be seen from the selection and use of the logo. A logo is a special symbol that represents a company of organization. A logo can be name, symbol or any other graphic element that is displayed visually. A logo also created as the unique identity that is distinguish one company to the other. A logo can be likened to a face and is a vision of delivering positive images through a display in the form of symbol. PT. Wijaya Tribwana International was one of the famous consultant and design company around the world which is owned by Australian expatriate who stayed in denpasar over decades. Well-known as Michael White and he is communicates messages about the type of business and the image of the company by using the system to consumers. Visual signs used consist of writing and image element on the PT. Wijaya Tribwana logo,  which is analyzed with Ferdinand de Saussure and Charles Sander Peirce theory. The logo has a philosofical meaning about the element of life that are continually rolling and sustainable.

Keywords : logo, visual image, graphic element, PT. Wijaya Tribwana

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniawan, 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang. Yayasan Indonesiatera.
Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Peirce, C.S. 1931. Principles of Philosophy. Cambridge:MA
Saussure, F. 1981. Course in General Linguistic. London: Duckworth.
Sobur, Alex. 2001. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana
Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tinaburko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta. Jalasutra.
Published
2019-02-21
How to Cite
Wijayanti, I. G. A. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA LOGO PT. WIJAYA TRIBWANA INTERNATIONAL. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 266-271. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/107
Abstract dilihat 1489 kali
FULL TEXT diunduh 1314 kali