PENGGUNAAN KARAKTER ANIMASI 2D DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

  • Gede Lingga Ananta Kusuma Putra Sekolah Tinggi Desain Bali
  • Gede Pasek Putra Adnyana Yasa Sekolah Tinggi Desain Bali
Keywords: Karakter, Animasi 2D, Multimedia Pembelajaran

Abstract

Multimedia pembelajaran erat kaitannya dengan sesuatu yang mengandung unsur digital. Oleh karenanya sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Banyak unsur kreatif yang terkandung di dalam multimedia pembelajaran selain materi pelajaran itu sendiri. Teks, animasi, karakter, dan suara merupakan unsur-unsur yang bisa diterapkan ke dalam multimedia pembelajaran. Unsur-unsur tersebut membuat tampilan multimedia pembelajaran menjadi lebih menarik. Studi ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan karakter untuk animasi 2D pada multimedia pembelajaran. Data diambil melalui observasi dan wawancara. Hasil studi menunjukkan bahwa pemanfaatan multimedia dewasa ini mengalami peningkatan seiring perkembangan teknologi. Adanya internet dan beberapa jejaring sosial, memberikan dampak positif terhadap penyebaran multimedia sehingga lebih mudah didapatkan. Salah satu konten kreatif yang diterapkan dalam multimedia pembelajaran adalah ilustrasi karakter. Ilustrasi karakter dapat dijadikan ciri khas dari sebuah multimedia pembelajaran. Penggunaan karakter dalam multimedia pembelajaran juga sebagai nilai tambah/daya tarik bagi penggunanya. Dalam hal komunikasi, karakter dalam multimedia pembelajaran dapat membantu penjelasan khususnya pada soal-soal yang disuguhkan. Tujuannya adalah untuk menjadikan tampilan agar lebih menarik dan variatif, sehingga audiens akan tertarik untuk menikmati konten yang disajikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Fiske,John. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT. PUSTAKA BARU PRESS.
Julianto, I Nyoman Larry. 2019. Nilai Interaksi Visual dalam Perkembangan Medium Komunikasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. SENADA (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur), 2, 26-30.
Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.
Prakosa, Gotot. 2010. Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta: Kerjasama Fakultas Film dan Televisi-Institut Kesenian Jakarta dengan Yayasan Seni Visual Indonesia.
https://www.youtube.com/watch?v=AKW3Zen8DD4&t=186s, 2020
https://www.youtube.com/watch?v=6r8LbYrfmC4, 2020
https://www.youtube.com/watch?v=F8OtE60T8yU&list=PLBPAj4LJCbv4k92TeKY1fqu2mQhkfad4W&index=2, 2020
Published
2020-03-05
How to Cite
Putra, G. L. A. K., & Yasa, G. P. P. A. (2020). PENGGUNAAN KARAKTER ANIMASI 2D DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 333-338. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/335
Abstract dilihat 80 kali
FULL TEXT diunduh 60 kali