INDRIYA KARYA LUKIS ANAK AGUNG GEDE DARMAYUDA

TELAAH COLORIST DAN HAPTIC VISION

  • Dewa Gede Purwita Purwita
Keywords: lukisan, colorist, haptic vision, indriya, Darmayuda

Abstract

Persoalan seniman bukan pada narasi apa yang ingin disampaikan akan tetapi bagaimana seniman dalam konteks ini adalah pelukis menghadirkan sensasi dan emosinya ke dalam karyanya. Tulisan ini adalah sebuah pembacaan terhadap karya seni lukis Anak Agung Gede Darmayuda yang berjudul “Indriya” sebuah karya panel tiga yang didalamnya dapat dibaca tnada-tanda bahwa penerapan warna mengarah kepada konsep colorist, dan juga metode melukisnya yang menjadikan karyanya memiliki suatu hal yang dapat dibaca sebagai haptic vision. Teori yang dipergunakan adalah tentang Haptic vision yang dikemukakan oleh Deleuze sedangkan metode penelitian mempergunakan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat analitik. Hasil analisa menunjukan bahwa Anak Agung Gede Darmayuda tidak hanya berpatokan terhadap warna fotografi, objek lukisan yang lebih ditonjolkan adalah tangan dan organ wajah yang diperbesar melalui frame fotografis. ia melakukan proses keluar dari metode meniru fotografi dalam hal melukis tersebut dengan menggabungkan metode perekaman atas pengamatan langsung terhadap alam sekitar di dalam menerapkan warna pada saat melukiskan warna kulit juga pori-pori kulit.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crowther, Paul & Isabel Wunsche. 2012. Meaning of the Abstract Art: Between Nature and Theory. New York: Routledge.
Deleuze, Gilles. 2003. Francis Bacon: The Logic of Sensation. London. Continuum.
Mannering, Douglas. 1997. Masterworks Impressionists. Great Britain: Parragon.
Purwita, Dewa Gede. 2019. “Sign Landscape Anak Agung Gede Darmayuda” (Katalog Publikasi). Diterbitkan Museum Arma dalam “SIGN” Pameran Tunggal Anak Agung Gede Darmayuda, 15 November – 31 Desember 2019.
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. 2007. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Tata langkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yangni, Stanislaus. 2012. Estetika Seni Rupa: Dari Khaos ke Khaosmos. Yogyakarta: Erupsi Akademia & Institut Seni Indonesia.
Published
2020-03-05
How to Cite
Purwita, D. G. P. (2020). INDRIYA KARYA LUKIS ANAK AGUNG GEDE DARMAYUDA. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 290-295. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/326
Abstract dilihat 19 kali
FULL TEXT diunduh 13 kali