STRATEGI PELESTARIAN DI PURA TAMAN AYUN

  • Kadek Risna Puspita Giri Sekolah Tinggi Desain Bali
  • I Dewa Gede Putra Sekolah Tinggi Desain Bali
Keywords: arsitektur, pura, pelestarian, berkelanjutan

Abstract

Kebudayaan adalah hasil hubungan antara manusia dengan alamnya. Kelahirannya dilatarbelakangi oleh norma-norma agama, dan dilandasi adat kebiasaan setempat. Dalam hubungannya dengan bentuk-bentuk perwujudan arsitektur, latar belakang kebudayaan memberikan corak-corak logika, etika dan estetika yang mengeras ke dalam bentuk-bentuk ruang, elemen dan ragam hiasnya. Budidaya manusia yang melahirkan dan menghidupkan kebudayaan memberikan pula corak-corak identitas arsitekturnya. Salah satu kebudayaan yang diwariskan di Bali yakni Pura Taman Ayun yang terletak di Desa Mengwi Kabupaten Badung, yang memiliki keunikan tersendiri sebab merupakan satu-satunya kompleks pura yang memiliki struktur bangunan khas Bali yaitu berbentuk meru atau atap yang bertingkat-tingkat dengan dikelilingi oleh telaga, yang dibangun pada abad ke-17. Berlokasi di negara tropis, membuat kondisi Pura Taman Ayun terkena dampak kerusakan yang diakibatkan oleh lingkungan dan cuaca. Sehingga perlunya mengevaluasi jenis kerusakan yang terjadi dan merencanakan upaya pelestarian untuk meminimalisir kerusakan yang akan ditimbulkan selanjutnya.

Kata Kunci: arsitektur, pura, pelestarian, berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernet, Kempers, 1991, ‘Monumental Bali, Introduction to Balinese Archaelogy and Guide to Monuments’, Berkeley-Singapore: Periplus Edition.
Budihardjo, Eko, 1986, ‘Architecture Conservation in Bali’, UGM.
Depdikbud, 1982, ‘Peninggalan Sejarah dan Purbakala Bali dan Nusa Tenggara Barat’, Jakarta Pusat.
Haryadi, dan B. Setiawan, 1995, ’Arsitektur Lingkungan dan Perilaku’, P3SL Dirjen Dikti, Depdikbud, Jakarta.
Koentjaraningrat, 1982, ’Manusia dan Kebudayaan’, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rapoport, A., 1969, ‘House Form and Culture’, Prenrice Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.
Swastika, I Gusti Ngurah, ‘Mengenal Kepurbakalaan di Goa Gajah, Pura Kebo Edan, Pura Pusering Jagat, dan Pura Penataran Sasih Kabupaten Gianyar’, Gianyar: Depdikbud.
Wisnu Budiarso, U.R., ‘Bali Architecture’, Universitas Budi Luhur.
Jaringan Pelestarian Pusaka Indonesia dan International Council on Monuments and Sites (ICOMOS) Indonesia, 2003, Indonesia charter for heritage Conservation, UGM.
Sidharta, dan Eko Budihardjo, 1989, ’Konservasi Lingkungan dan Bangunan Kuno Bersejarah di Surakarta’, Gadjah Mada University Press.
Susanto, Rika dan Hasti Tarekat, ’Burra Charter’, International Council on Monuments and Sites (ICOMOS).
Published
2019-02-21
How to Cite
Giri, K. R. P., & Putra, I. D. G. (2019). STRATEGI PELESTARIAN DI PURA TAMAN AYUN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 631-638. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/240
Abstract dilihat 823 kali
FULL TEXT diunduh 803 kali