PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN

Kasus Pada Bisnis Ritel UMKM Indonesia

  • Adryan Sulaeman Rachman Universitas Pradita
  • Oktavianus Marti Nangoy Universitas Pradita
  • William Widjadja Universitas Pradita
Keywords: Store Atmosphere, Visual Merchandising, Interest in repurchasing, Retail Business, SME’s

Abstract

Minat beli ulang merupakan kemungkinan konsumen mempunyai keinginan untuk melakukan pembelian kembali atas produk atau jasa yang telah dikonsumsi berdasarkan pengalaman masa lalu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah store atmosphere dan visual merchandising berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen Kiara Kopi Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, serta pencarian data melalui studi pustaka dan internet. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik sampling incidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, koefisien korelasi parsial, koefisien korelasi simultan, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Store Atmosphere dan Visual Merchandising memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap Minat Beli Ulang Konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida Sari, A. S. (2017, November). Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Pada Super Store Di Bandar Lampung. In Prosiding Seminar Nasional & Konferensi Forum Manajemen Indonesia (Fmi) Ke-9. Forum Manajemen Indonesia (Fmi) Ke-9.
[2] Andrian, A., Budi Lestari, R., & Elizabeth, S. M. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Kedai Kopi 7 Palembang.
[3] Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69. ISSN:2337-3792
[4] Fikriando, E., & Syafrizal, S. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Consumer Innovativeness, Dan Brand Image Terhadap Consumer Repurchase Intention Pada Mcdonald’s Ahmad Yani Padang. Menara Ilmu, 14(2). ISSN 1693-2617
[5] Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra di Pati. Diponegoro Journal of Management, 28-39. ISSN: 2337-3792
[6] Rosita, R. (2016). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Kenyamanan Berbelanja terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Lotte Mart Bekasi Junction E-Journal Widya Ekonomika, 1, 55055. ISSN : 2337¬-6686
[7] Yudha, I. P. G. M. K., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Atmosfer Toko Dan Daya Tarik Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang (Di Matahari Mall Bali Galeria Kuta). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 1803-1834. ISSN : 2337-3067
Published
2023-03-16
How to Cite
Rachman, A., Nangoy, O., & Widjadja, W. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 6, 278-268. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/756
Abstract dilihat 585 kali
FULL TEXT diunduh 354 kali