PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN
Kasus Pada Bisnis Ritel UMKM Indonesia
Abstract
Minat beli ulang merupakan kemungkinan konsumen mempunyai keinginan untuk melakukan pembelian kembali atas produk atau jasa yang telah dikonsumsi berdasarkan pengalaman masa lalu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah store atmosphere dan visual merchandising berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen Kiara Kopi Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, serta pencarian data melalui studi pustaka dan internet. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik sampling incidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, koefisien korelasi parsial, koefisien korelasi simultan, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Store Atmosphere dan Visual Merchandising memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap Minat Beli Ulang Konsumen.
Downloads
References
[2] Andrian, A., Budi Lestari, R., & Elizabeth, S. M. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Kedai Kopi 7 Palembang.
[3] Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69. ISSN:2337-3792
[4] Fikriando, E., & Syafrizal, S. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Consumer Innovativeness, Dan Brand Image Terhadap Consumer Repurchase Intention Pada Mcdonald’s Ahmad Yani Padang. Menara Ilmu, 14(2). ISSN 1693-2617
[5] Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra di Pati. Diponegoro Journal of Management, 28-39. ISSN: 2337-3792
[6] Rosita, R. (2016). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Kenyamanan Berbelanja terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Lotte Mart Bekasi Junction E-Journal Widya Ekonomika, 1, 55055. ISSN : 2337¬-6686
[7] Yudha, I. P. G. M. K., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Atmosfer Toko Dan Daya Tarik Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang (Di Matahari Mall Bali Galeria Kuta). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 1803-1834. ISSN : 2337-3067
Copyright (c) 2023 Adryan Sulaeman Rachman, Oktavianus Marti Nangoy, William Widjadja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.