DAYA TARIK ANIMASI 2D “MANDIRI : AKU BISA MELAKUKANNYA SENDIRI” DALAM MEDIA YOUTUBE
Keywords:
daya tarik, animasi, youtubeAbstract
Animasi merupakan media yang dapat digunakan untuk banyak kebutuhan, baik hanya sebagai hiburan maupun digunakan untuk keperluan penyampaian informasi. Ada juga animasi yang digunakan sebagai sarana edukasi terhadap anak. Animasi 2 Dimensi yang berjudul “Mandiri : Aku Bisa Melakukannya Sendiri” dalam media Youtube, merupakan animasi yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang pendidikan karakter untuk anak. Media Youtube merupakan media yang digunakan sebagai sarana publikasi animasi ini, karena Youtube memiliki banyak penggunanya. Metode penelitian kualitatif dilakukan dengan cara induktif, yaitu mengkaji karakteristik setiap bagian dalam Animasi ini dan penerapannya dalam media Youtube, guna mengetahui letak daya tarik yang dimiliki. Setiap animasi berlandaskan pada 12 Prinsip animasi dalam penciptaannya, Appeal merupakan salah satu bagian dari 12 Prinsip animasi. Penggunaan appeal di perlukan untuk menambah daya tarik animasi khususnya dari segi karakter yang ada didalamnya.
Downloads
References
[2] Muhdaliha, B., & Batuaya, D. R. D. (2017). Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Bali Berjudul I Ceker Cipak. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 61–72. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v1i1.143
[3] Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Janitra, P. A. (2018). Potensi Youtube Sebagai Media Edukasi Bagi Anak Muda. Edulib, 8(1), 81. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.11267
[4] Sujarweni, V. Wiratna, 2014, Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
[5] Widadijo, W. T. (2017). 12 Prinsip Animasi D alam Serial “ Adit & Sopo Jarwo .” Aksa: Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol. 1, No. 1, November 2017, p. 70-85 70, 1(1), 70–85.