KAJIAN SEMIOTIKA PADA ANIMASI MEDIA PEMBELAJARAN “PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN ANIMASI DIGITAL”

Authors

  • Gede Lingga Ananta Kusuma Putra STD Bali
  • Gede Pasek Adnyana Institut Seni Denpasar

Keywords:

semiotika, animasi, pembelajaran

Abstract

Animasi merupakan media yang fleksibel. Pada era globalisasi saat ini, media animasi dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu kebutuhan animasi adalah sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran berupa animasi menggunakan tanda–tanda untuk menerangkan materi di dalamnya. Ilmu yang mempelajari tentang tanda adalah ilmu semiotika. Oleh karena itu, animasi sebagai media pembelajaran dirancang menggunakan visual yang memiliki makna. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan berdasarkan pengalaman individu. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce, yang mengkaji tanda berdasarkan ikon, indeks, dan simbol. Unsur semiotika dalam visual animasi pembelajaran sangat penting untuk membantu target audiens agar lebih mengerti dan memahami materi yang disajikan. Diharapkan dengan penulisan ini dapat membantu memaksimalkan penggunaan semiotika dalam animasi pembelajaran agar penerapannya lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT.
PUSTAKA BARU PRESS.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Kusuma Putra, G. L. A., & Adnyana, G. P. (2021). KAJIAN SEMIOTIKA PADA ANIMASI MEDIA PEMBELAJARAN “PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN ANIMASI DIGITAL”. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 60–65. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/564