EVALUASI KEPUASAN WAJIB PAJAK SELAMA PANDEMI COVID 19 PADA KPP PRATAMA GIANYAR

  • Gede Santanu Administrasi Niaga – Politeknik Negeri Bali, Indonesia
  • Ni Kadek Suryani Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: kepuasan, kinerja, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Analisis Faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan wajib pajak dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan wajib pajak selama pandemi Covid 19 di KPP Pratama Gianyar. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar merasa sangat puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Account Representative (AR) dengan persentase nilai CSI sebesar 83,34%. Sedangkan tingkat kinerja yang diberikan oleh AR berdasarkan perhitungan IPA mendapatkan persentase tingkat kesesuaian sebesar 92,50%, bahwa kinerja dari masing-masing indikator kualitas pelayanan sudah memenuhi harapan dari wajib pajak, namun kinerja AR perlu ditingkatkan melalui 3 faktor yang terbentuk dari analisis faktor guna meningkatkan kepuasan wajib pajak di KPP Pratama Gianyar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawanto, Agus Tri. 2015. Analisis Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Badan Di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan 15.
Bird, R. M., & de Jantscher, M. C. (Eds.). 1992. Improving tax administration in developing countries (Vol. 19). Washington DC: International Monetary Fund.
Eisingerich, A. B., & Rubera, G. 2010. Drivers of brand commitment: A cross-national investigation. Journal of International Marketing, 18 (2), 64-79.
Fitriana, D., Florencia, Y. K. O., & Tanto, D. S. (2014). Pengukuran Kepuasan Kontraktor Terhadap Kinerja Klien Pada Proyek Konstruksi Swasta. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3 (1), 283-29
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS Cetakan IV. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lodhita, Heru Eka. 2014. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Dan CSI (Customer Satisfaction Index) Studi Kasus Pada Toko Oen, Malang. Skripsi Pada Fakultas Teknologi Pertanian: Universitas Brawijaya.
Ni Kadek Suryani, Gede Agus Dian Maha Yoga dan Ida Ayu Putu Widani Sugianingrat, 2018, Impact of Human Resources Management Practice on Employee Satisfaction and Customer Satisfaction (case study SMEs in Bali, Indonesia), International Journal of Sustainability, Education and Global Creative Economic (IJSEGCE), Vol 1, November 2018, pp; 56-62
Ni Kadek Suryani dan John Foeh, 2019, Manajemen Sumber Daya Manusia, Tinjauan Praktis Aplikatif, Nilacakra Publisher, Denpasar
Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfication. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Santoso, Singgih. 2003. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.
Tjiptono, Fandy. 2018. Service Management, Mewujudkan Layanan Prima Ed. 3. Yogyakarta.
Published
2022-03-17
How to Cite
Santanu, G., & Suryani, N. K. (2022). EVALUASI KEPUASAN WAJIB PAJAK SELAMA PANDEMI COVID 19 PADA KPP PRATAMA GIANYAR. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 5, 283-291. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/671
Abstract dilihat 575 kali
FULL TEXT diunduh 442 kali