PERANCANGAN VIDEO INFOGRAFIS PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PASCA PANDEMI
Keywords:
Pandemi, Motivasi Belajar, Video InfografisAbstract
Pandemi COVID-19 berdampak pada segala aspek kehidupan masyarakat dari segala tingkatan, baik dari segi ekonomi hingga psikologis pada masing-masing individu tak terkecuali anak-anak. Proses belajar daring yang selama ini dilakukan untuk memutus rantai penularan COVID-19 ini juga mulai berdampak pada kualitas dan efek jangka panjang pada kemampuan belajar anak. Perubahan perilaku dan emosi terlihat pada anak-anak selama masa pandemi berlangsung tersebut antara lain sulitnya berkonsentrasi saat pembelajaran daring, sensitif, gelisah, dan kekhawatiran berlebih lainnya. Perlu adanya solusi yang dapat membantu mengembalikan minat belajar dan meningkatkan kualitas belajar anak yang berubah sejak karantina akibat pandemi. Terlebih lagi murid-murid akan masuk kembali ke sekolah pada tahun 2021. Dibutuhkan media dalam menyalurkan pesan persuasif untuk meningkatkan motivasi belajar anak dan mengingatkan mereka untuk selalu melakukan protokol kesehatan saat kembali lagi bersekolah. Video Infografis mampu menjembatani keperluan persuasif tersebut yang dalam perancangannya menggabungkan strategi coping yang berisi tabel program intervensi kembali bersekolah yang dimodifikasi dengan menggunakan model komunikasi persuasif Hovland yang kemudian menghasilkan luaran video infografis untuk membantu para siswa dalam beradaptasi di sekolah kembali pasca pandemi.
Downloads
References
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Komputindo
Beegel, Justin. 2014. Infographics for Dummies. New Jersey : John Wiley & Sons
Carlsson, S and E Greaves. Test Scores, Subjective Assesment, and Stereotyping of Ethnic Minorities. Journal of Labor Economics 2013 Vol 31(3): 535-576
Carlsson, M, G B Dahl, B Ockert and D Rooth. The Effect of Schooling on Cognitive Skills. Review of Economics and Statistics 2017 Vol 97(3): 533-547
Crook, Ian dan Peter Beare. 2017. Motion Graphics, Principle and Practices from the Ground Up. New York : Bloomsbury Publishing
Frianty, Risma dan Ema Yudiani. Hubungan Antara Kematangan Beragama Dengan Strategi Coping Pada Santriwati Di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Lathifiyyah Palembang. Jurnal Psikologi Islami Vol. 1 No. 1 (2015) 59-70
Kertamuda, Facthiah dan Haris Herdiansyah. Pengaruh Strategi Coping terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Jurnal Universitas Paramadina Vol.6 No 1, April 2009:11-23.
Jonsson, B., Waling, M., Olafsdottir, A. S., Lagström, H., Wergedahl, H., Olsson, C., …Hörnell, A. The effect of schooling on basic cognition in selected nordic countries. Europe’s Journal of Psychology, 2017 Vol 13(4), 645–666. https://doi.org/10.5964/ejop.v13i4.1339
Leipold, B., & Greve, W. Resilience: A conceptual bridge between coping and development. European Psychologist. European Psychologist, 2009 Vol 14(1), 40–50. https://doi.org/10.1027/1016-9040.14.1.40
Masten, A., Herbers, J., Cutuli, J., & Lafavor, T. Promoting Competence and Resilience in the School Context. Professional School Counseling, 2018. 12(2), 76–84. https://doi.org/10.5330/PSC.n.2010-12.76
Orgilés, M., Morales, A., Delvecchio, E., Mazzeschi, C., & Espada, J. P. Immediate psychological effects of the COVID-19 quarantine in youth from Italy and Spain. PsyArXiv Preprints, 2017 Vol 5(3), 56–66. https://doi.org/doi.org/10.31234/osf.io/5bpfz
Perloff, Ricard M. 2003. The Dynamics of Persuassion, Communication Attitude in 21st Century. New Jersey : Lawrence Ebraum
Smiciklas, Mark. 2012. The Power of Infographics. United States of America : Pearson Education
Taylor, S.E., (2003). Health Psychology, International Edition. Singapore: McGrawHill Book Co.
Warmansyah, Jhoni. Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2020) 743-754. ISSN: 2549-8959
Liputan6.com. (November 2020, 25) Sekolah Kembali dibuka, Nadiem : Kuncinya di Orang Tua. Diakses pada 26 November, dari https://nasional.kompas.com/read/2020/11/25/21364481/soal-sekolah-dibuka-kembali-nadiem-kuncinya-di-orangtua