DESAIN PILLOW MASK SEBAGAI FASILITAS KESEHATAN BAGI MAHASISWA PEKERJA PARUH WAKTU

  • Muhammad Fauzi Universitas Esa Unggul
Keywords: Kata Kunci: Tidur, Alat Bantu, Produk.

Abstract

Saat ini banyak sekali mahasiswa terutama yang bekerja paruh waktu, sulit untuk tidur dengan waktu yang cukup, karena beberapa faktor seperti memiliki berbagai tanggung jawab dan tugas kuliah, memikirkan masalah, banyak tanggungan, bahkan sampai bermain game, menjadikan mahasiswa pekerja paruh waktu kurang produktif dan mudah terserang penyakit, sulit tidur menjadi hal yang terus menerus di alami jika sudah menjadi kebiasaan, dan akan semakin berbahaya, produk obat tidur sudah banyak jenisnya, namun jika terlalu banyak, dampaknya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, karena obat tidur mengandung zat yang dapat membuat seseorang ketagihan. Tidur membuat seseorang memperoleh kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh. Tidur dapat dianggap sebagai perlindungan bagi tubuh untuk menghindari pengaruh-pengaruh yang merugikan kesehatan akibat kurang tidur. penulis tertarik untuk meneliti fenomena gangguan tidur yang dialami oleh mahasiswa pekerja paruh waktu, gangguan tersebut mengakibatkan mahasiswa pekerja paruh waktu kekurangan waktu tidur. Oleh sebab itu, peneliti tertarik pula untuk membuat suatu produk yang dapat mengatasi masalah kurangnya waktu tidur tersebut. Pillow mask ini di rancang dengan tujuan mengatasi masalah mahasiswa pekerja paruh waktu yang kekurangan tidur, untuk dapat masuk fase tidur dengan cepat tanpa harus memikirkan hal hal lain yang menggangu. Pillow mask ini di desain dengan gaya Organik dan Minimalis, bertujuan untuk kenyamanan yang maksimal dan kemudahan pengguna untuk membawa dan menggunakannya. Rancangan pillow mask diharapkan menjadi alat bantu dan pemecah masalah yang efektif untuk penggunanya.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adian, DonnyGahral. 2010. Pengantar Fenomenologi. Depok: Penerbit Koekoesan
Brouwer, MAW. 1983, Psikologi Fenomenologis. Jakarta: PT Gramedia.
Endang Lanywati, Insomnia, 2001, Gangguan Sulit Tidur, Yogyakarta; Kanisius,
Strauss, Anselm L and Corbin, Juliet. 1990. Basics of Qualitative Research. Grounded Theory Procedurs and Techniques. California: Sage Publications.
Noni Doe, 2012, Gangguan Tidur Pada Perawat Pekerja Shift, Salatiga.
Tjahjono, 1999, Gunawan. Metode Perancangan: Suatu Pengantar Untuk Arsitek dan Perancang. Jakarta: FT Arsitektur UI.
Yuke Ardhiati, 2012, dalam Grouded Theory Terkait Khora Materi Kuliah Metodologi Penelitian Magister Desain.
Published
2020-03-05
How to Cite
Fauzi, M. (2020). DESAIN PILLOW MASK SEBAGAI FASILITAS KESEHATAN BAGI MAHASISWA PEKERJA PARUH WAKTU. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 418-423. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/351
Abstract dilihat 33 kali
FULL TEXT diunduh 44 kali