PERANCANGAN KURSI YANG DIPADUPADANKAN DENGAN GAYA SCANDINAVIAN (XOTIC CHAIR)

  • Syifa Sakinah Universitas Esa Unggul
  • Muhammad Fauzi Universitas Esa Unggul
Keywords: Greenery, Kursi , Simple Organic , Scandinavian

Abstract

Rattan merupakan bahan alami yang biasa dimanfaatkan batangnya untuk membuat alat dan perabotan rumah tangga.furniture rotan semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini lantaran rotan mampu menciptakan kesan alami yang begitu kuat dan eksotis. Dengan mengusung tema Greenery dan konsep Scandinavian, yang memiliki kesederhanaan dan keanggunan. Pada prinsipnya desain gaya Scandinavian memprioritaskan fungsionalitas tanpa menghilangkan keindahan dan keanggunannya. Maka dari itu desainer ingin mengembangkan produk kursi yang akan menjadi trend dimasa depan dengan tema Scandinavian. Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui pengembangan desain dan trend dan terus berinovasi untuk memberikan kesan Scandinavian pada product tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, Data yang dikumpulkan berupa buku, tulisan, gambar dan foto yang diolah sebagai tahapan perancangan brainstorming, developing konsep, sketsa dan asistensi studi lapangan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang dihubungkan dengan karakteristik produk tentang Kriya, proses pembuatan, dan estetika dari produk itu sendiri. Hasil penelitian ini adalah mengembangkan produk yang akan menjadi trend dimasa depan dengan tema Greenery. Dan dipadupadankan dengan gaya Scandinavian. Kemudian menerapkan styling yang simple organic dengan ciri khas furniture yang ramping terkesan minimalis namun memiliki nilai seni yang tinggi serta penggunaan warna netral sehingga pengguna dapat merasakan keunikan desain yang dapat menarik perhatian.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lexy J. Moleong, 2000. metode penelitian kualitatif. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Julius Panero, 1979. Dimensi Manusia & Ruang Interior. Penerbit Erlangga.
Resistance : Decoding Fashion Moslem Wear, Trend forecasting 2016/2017, Jakarta: BD+A Design. (2015)
Baryl "Furniture dan Arsitektur" 1977, dalam Eddy S. Marizar "Designing Furniture". Yogyakarta
Nurmianto, Eko.1995. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya: Surabaya.
Sinulingga, Sukaria. 2011. Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Leh Hegel dari buku yang di tulis Wadjid dalam TIM Dosen Pendidikan Seni Rupa: Leh Hegel (Wadjid dalam TIM Dosen Pendidikan Seni Rupa, 2003: 19)
Ginting,Rosnani.2010.Perancangan Produk. Yogyakarta:GrahaIlmu.
Davidsen, B.A. (2004), “Innovation and product development: methods and tools”, Telektronikk, Vol. 2.
Published
2019-02-21
How to Cite
Sakinah, S., & Fauzi, M. (2019). PERANCANGAN KURSI YANG DIPADUPADANKAN DENGAN GAYA SCANDINAVIAN (XOTIC CHAIR). SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 664-671. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/192
Abstract dilihat 1060 kali
FULL TEXT diunduh 571 kali