AUGMENTED REALITY DETEKSI VIRTUAL NAMA JALAN BERAKSARA BALI

  • Putu Wirayudi Aditama STIMIK STIKOM INDONESIA (082145053784)
Keywords: Revolusi industri 4.0, Augmented reality, nama jalan aksara Bali

Abstract

Memasuki perkembangan revolusi industri 4.0, teknologi sangat berperan penting dalam menciptkan terobosan untuk memudahkan penyampaian informasi kepada masyarakat luas dan juga bermanfaat di berbagai bidang. Dalam revolusi 4.0 saat ini teknologi dapat menjadi media pendukung pembangunan Nangun Shat Kerthi Loka Bali. Berdasarkan dengan Peraturan Gubernur Bali No.80 Tahun 2018 Tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, Dan Sastra Bali Serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, teknologi augmented reality mampu mendukung kebijakan tersebut. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam realitas atau kenyataan kemudian memunculkan atau memproyeksikan secara real time. Kebijakan penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali sudah mulai menurun digunakan dalam keseharian. fenomena menarik muncul dengan menerapkan konsep ketika nama jalan akan menggunakan aksara Bali. Teknologi augmented reality mampu menampilkan informasi yang tepat dan akurat ketika papan nama jalan yang beraksara Bali discan dengan aplikasi augmented reality yang sudah diinstal di mobile

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6
Aditama, Adnyana, Ariningsih. 2019. Augmented Reality dalam Media Pembelajaran . Prosiding Desain dan Arsitektur (SENADA) Vol.2
Rifa, Listyorini, Latubessy. 2014. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android. Prosiding SNATIF Vol.1
Bottani Eleonora, Vignali Giuseppe, 2019. Augmented reality technology in the manufacturing industry: A review of the last decade. IISE TRANSACTIONS Vol. 51, No. 3, 284–310
Gorbala B.T. dan Hariadi M., 2010, “Aplikasi Augmented Reality untuk Katalog Penjualan Rumah”, Skripsi Teknik Elektro ITS Surabaya.
Yudhastara, Brian. 2012. Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Hewan pada Anak Usia Dini Secara Virtual. Yogyakarta: STIMIK AMIKOM
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Published
2020-03-05
How to Cite
Aditama, P. (2020). AUGMENTED REALITY DETEKSI VIRTUAL NAMA JALAN BERAKSARA BALI. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 3, 166-170. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/284
Abstract dilihat 40 kali
FULL TEXT diunduh 38 kali

Most read articles by the same author(s)