PEMILIHAN MODA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN TRANSPORTASI IDEAL MASA DEPAN BAGI MAHASISWA PADA WILAYAH PERKOTAAN

Studi kasus : Denpasar

  • Gde Bagus Andhika Wicaksana UNIVERSITAS WARMADEWA
  • Made Suryanatha Prabawa
Keywords: mahasiswa, preferensi, moda angkutan, analisis korespondensi

Abstract

Adanya tingkat keberagaman domisili mahasiswa kampus di Denpasar mendorong mahasiswa tersebut menjadi salah satu pelaku komuter yang mengharuskan mereka melakukan perjalanan sehari-hari dari tempat tinggal mereka menuju kampus. Aktivitas ini berkontribusi terhadap pada peningkatan kemacatean yang terjadi di Kota Denpasar. Kondisi tersebut menunjukkan besarnya penggunaan kendaraan pribadi oleh mahasiswa menuju kampus.Oleh karena itu diperlukan suatu gambaran moda pilihan dalam bentuk suatu analisis preferensi penggunaan moda. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis isi (content analysis). Analisis isi bertujuan untuk mengetahui semua jawaban terkait gambaran preferensi responden. Variabel Cepat, Bebas Macet, Biaya Murah, Jarak, Partisipasi, Fleksibel, Keamanan, Kemudahan Parkir, Kepemilikan dan Kenyamanan merupakan hasil yang didapatkan setelah melalui tahapan open coding, axial coding. Melalui correspondence analysis dari hubungan jenis moda dan alasan didapatkan bahwa bahwa transportasi motor menjadi moda angkutan ideal bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan adanya optimal waktu, penggunaan motor dapat menghindari kemacetan, kemudahan dalam mencari parkir di kampus, biaya perjalanan yang murah, dan kecepatan dalam mencapai tujuan serta dari segi hanya memiliki kendaraan motor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi, Rizky Pratama. 2014. Preferensi Pemilihan Moda Dalam Pergerakan Penglaju Koridor Bogor-Jakarta Terkait Dengan Pemilihan Tempat Tinggal (Studi Kasus: Moda Bus Ac Dan Moda Krl Ekspress) : Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 23 No. 1, April 2012. Jakarta.
Ben-Akiva, M. and Lerman, S.R. (1985). Discrete choice analysis: Theory And Application To Travel Demand. Cambridge, MA: MIT Press.
Badan Pusat Statistik. Denpasar Dalam Angka 2017. Diunduh pada tanggal 20 Maret 2017 pukul 08.31
Creswell, J.W. (2008). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage Publications, Inc.
Greenacre, Michael.2007. Correspondence Analysis In Practice. New York: Chapman & Hall
Mariza S. Trianisari(1) dkk. 2014. Preferensi Mahasiswa terhadap Penggunaan Moda Transportasi ke Kampus. Prosiding temu ilmiah IPLBI 2014
Manheim, Marvin, L. 1979. Fundamental of Transportation System Analysis, Cambridge. Massachusetts, London; The MIT Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2019-02-21
How to Cite
Wicaksana, G. B., & Prabawa, M. (2019). PEMILIHAN MODA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN TRANSPORTASI IDEAL MASA DEPAN BAGI MAHASISWA PADA WILAYAH PERKOTAAN. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 443-449. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/226
Abstract dilihat 933 kali
FULL TEXT diunduh 484 kali