SEMIOTIKA DESAIN IKLAN DAN UCAPAN HARI RAYA OLEH MCDONALD’S INDONESIA DI INSTAGRAM

  • Kristian Oentoro Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta
Keywords: McDonald’s, Iklan, Instagram, Hari Raya

Abstract

Hadirnya era revolusi industri 4.0 telah mendorong industri global untuk semakin memanfaatkan iklan digital dalam berbagai media sosial sebagai strategi pemasaran, salah satu kasusnya adalah iklan McDonald’s Indonesia di Instagram. McDonald’s sebagai restoran cepat saji terbesar di dunia telah membuka gerai pertama di Indonesia pada tahun 2009, sedangkan akun Instagram resmi McDonald’s Indonesia sendiri dibuat pada tahun 2013 dan memiliki 599.546 pengikut hingga saat ini. McDonald’s di tengah masyarakat Indonesia telah mengalami berbagai penyesuaian budaya, mulai dari variasi menu makanan lokal hingga berbagai desain iklan ketika hari raya. Melalui kajian semiotika struktural, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis visual dari beberapa desain iklan dan ucapan hari raya yang diunggah oleh akun Instagram resmi McDonald’s Indonesia (@mcdonaldsid), di antaranya Hari Raya Idul Fitri, Natal, Nyepi dan Waisak. Terdapat permainan elemen tanda visual yang ditampilkan dalam beberapa iklan dan ucapan hari raya McDonald’s Indonesia serta memiliki tingkatan makna dalam semiotika, khususnya makna denotasi dan konotasi. Pembuat iklan McDonald’s Indonesia di Instagram telah mampu memilih secara tepat simbol sebagai objek budaya yang merepresentasikan unsur penting dalam hari raya masing-masing. Kreativitas dalam menyusun elemen tanda visual ini juga berpotensi menjadi sebuah ciri khas dan keunikan dari iklan McDonald’s Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, R.A., 2017, ‘Kupatan, Tradisi Untuk Melestarikan Ajaran Bersedekah, Memperkuat Tali Silaturahmi, dan Memuliakan Tamu. ‘Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat’. Surakarta: IAIN Surakarta
Barker, C., 2004, ‘Cultural Studies Teori & Praktek’, Bantul: Kreasi Warna.
Barthes, R. ,2012, ‘Elemen-Elemen Semiologi’, Yogyakarta: Jalasutra.
Chandler, D., 2007, ‘Semiotics : The Basics’, New York: Routledge.
Darwis, R., 2017, ‘Hukum Islam Dalam Multikulturalis Pluralitas Di Indonesia’. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 3 (1), [online], http://ejournal.iainkendari. ac.id/zawiyah/article/download/712/656 (diakses tanggal 5 Januari 2019).
Dharmmadhiro, B., 2012, ‘BUDDHARÛPA: Bagaimana Buddhis Menyikapi Objek Pujaan’, Indonesia: Yayasan Sammasayambhu.
Kroc, R. & Anderson, R., 2016, ‘Grinding it out: the making of McDonald's’, New York: St. Martin Press.
McDonald's Indonesia, 2016, ‘McDonald’s 25 Tahun Melayani Masyarakat Indonesia’, [online], https://mcdonalds.co.id/media/pr/25?ref=47(diakses tanggal 5 Januari 2019).
Nudelman, M. & Lutz, A., 2015, ‘12 Facts About Mcdonald's That Will Blow Your Mind’, [online], https://www.businessinsider.com/12-facts-about-mcdonalds-that-will-blow-your-mind-2015-4/?IR=T (diakses tanggal 9 Januari 2019).
Piliang, Y.A. (2010). Semiotika dan Hipersemiotika: kode gaya dan matinya makna. Bandung: Matahari.
QSR, (2018). The QSR 50: 2008-2018, [online], https://www.qsrmagazine. com/downloads/qsr-50-2008-2018 (diakses tanggal 18 Januari 2019).
Richter, F., 2018, ‘The Most Visible Brands on Social Media’, [online], https://www.statista.com/chart/12693/brands-most-often-featured-in-instagram-and-twitter-photos/ (diakses tanggal 12 Januari 2019).
Suwena, W., 2017, ‘Fungsi dan Makna Ritual Nyepi di Bali’, Laporan Penelitian, Denpasar: Universitas Udayana, FIB, Prodi Antropologi, [online], https://simdos. unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/14d2d31e0a91ef95ac7120dce814351b.pdf (diakses tanggal 4 Januari 2019).
Tasruddin, R., 2017, ‘Tren Periklanan Di Media Sosial’, Jurnal Komodifikasi Vol. 5, Juni 2017, 5-20, [online], http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/ article/download/5504/4853 (diakses tanggal 6 Januari 2019).
Totok, 2017, 'Menolak Waisak Nasional Walubi:Perayaan Waisak di Yogyakarta sebagai Counter Hegemony Waisak Nasional di Candi Borobudur, Laporan Thesis, Program Magister Ilmu Religi dan Budaya, USD Yogyakarta [online] https://repository.usd.ac.id/18334/2/126322008_full.pdf (diakses tanggal 12 Januari 2019).
Umuluddin, I., 2010, ‘Makna Perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Hari Natal (Analisa Perbandingan Makna)’. Laporan Skripsi. UIN Syarif Hidayahtullah : Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat, [online], http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/ 123456789/1118 (diakses tanggal 3 Januari 2019).
We Are Social & Hootsuite, 2018, ‘Digital in 2018. Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, And Ecommerce Use Around The World’, [online], https://hootsuite.com/uploads/images/stock/Digital-in-2018-001-Global-Overview-Report-v1.02-L.pdf (diakses tanggal 3 Januari 2019).
Wirawan, I.G.N & Nuriarta, I.W., 2014. ‘Elemen Desain Komunikasi Visual dalam Merchandise Iklan Politik Pasangan Dharmanegara pada Pilkada Kota Denpasar 2014’. Jurnal Segara Widya Vol. 6 (1), 16-27.
Published
2019-02-21
How to Cite
Oentoro, K. (2019). SEMIOTIKA DESAIN IKLAN DAN UCAPAN HARI RAYA OLEH MCDONALD’S INDONESIA DI INSTAGRAM. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 250-258. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/176
Abstract dilihat 1130 kali
FULL TEXT diunduh 1419 kali